Tips Membeli Rumah Minimalis, Tanpa Merasa Menabung Lebih Dulu!

Tips Membeli Rumah Minimalis, Tanpa Merasa Menabung Lebih Dulu

Tips Membeli Rumah Minimalis, Tanpa Merasa Menabung Lebih Dulu

Tips Membeli Rumah Minimalis, Tanpa Merasa Menabung Lebih Dulu! – Orang bijak selalu bisa memilah-milah, mana keperluan yang betul-betul urgent, dan mana keperluan yang masih bisa ditunda untuk dibeli. Namun sayangnya, saat ini, banyak orang yang justru lebih sembrono dalam mengolah keuangannya sendiri, karena merasa diri mereka sudah cukup bijak dalam memilah-milah segala keperluannya. Hingga, disuatu saat ketika jumlah anggota keluarganya bertambah, dan mereka memerlukan rumah yang jauh lebih luas dan besar untuk menampung seluruh anggota keluarganya yang semakin bertambah, mereka justru kebingungan.

Lalu bagaimana caranya supaya kita dapat membeli rumah, tanpa merasa menabung lebih dulu?

Ini caranya:

Setiap manusia yang tinggal di Indonesia, pasti memliki perilaku konsumtif. Bagaimana tidak? Karena sedari nenek moyang kita dulu, kita diajari untuk konsumtif. Bukan memanfaatkan apa yang ada disekitar kita.

Itulah mengapa, bila ingin membeli rumah minimalis yang cukup untuk semua anggota keluarga dengan berbagai kebutuhan yang berbeda-beda. Yang harus lebih dulu kita lakukan adalah mengurangi budaya konsumtif itu sendiri.

Kurangi membeli barang yang tidak perlu, semisal mengganti gadget lama dengan gadget model baru setiap beberapa waktu sekali supaya game yang kita mainkan lebih lancar, membeli console permainan game portable, dan lain sebagainya yang sebetulnya hanya merupakan barang Hiburan. Karena Dengan membeli TV dan computer atau tablet saja sebetulnya kita sudah mendapatkan cukup hiburan dan memiliki game yang begitu banyak untuk dimainkan. Lagi pula, apakah semua permainan yang kita miliki sudah tamat kita mainkan? Belum bukan? Karena waktu kita, memang tak hanya kita habiskan untuk hal tersebut.

Kemudian, mulailah mencatat barang-barang penting yang harus kita beli ketika kita pergi ke sebuah pusat perbelanjaan. Larang diri kita untuk membeli barang yang tidak ada dalam daftar catatan kita. Dan setelah pulang dari pusat perbelanjaan. Simpan uang kembalian di tempat yang berbeda. Jangan dibelanjakan. Dan pura-puralah tidak tahu.

Ajarkan ini pada semua anggota keluarga.

Kurangi juga konsumsi makan diluar rumah, seperti di restoran. Bukan berarti tidak boleh, namun bila ingin makan di restoran bersama seluruh keluarga, setidaknya bisa kita batasi hanya 1 kali dalam 2 minggu. Sehingga budget pengeluaran untuk hal makanan pun dapat lebih kita kontrol. Toh, makanan yang kita masak sendiri tentu jauh lebih sehat bukan?

Manfaatkan recycle baju-baju bekas, menjadi baju baru dengan model yang baru. Seperti membuat jeans belel (robek-robek dan penuh tambalan) dari jeans lama kita yang sudah jarang kita kenakan. Dalam hal ini kita bisa mengandalkan mesin jahit kecil, gunting dan beberapa alat menjahit lainnya yang dijual di banyak toko benang dan alat jahit. Kita juga bisa menambah neck, memotong celana hingga ukurannya menjadi 7/8, dan lain sebagainya. Intinya, jangan membeli baju baru walaupun ada diskon besar-besaran di pusat perbelanjaan. Karena hal ini secara tidak sadar, justru akan mengurangi uang yang kita tabung.  Dan ingatlah, Rumah Minimalis impian kita akan secepatnya terwujudkan ketika kita melakukan hal tersebut.

Selain menabung. Kita juga harus membuat perencanaan dahulu, rumah seperti apa yang ingin kita beli nanti. Apakah tanah saja, lalu kita bangun rumahnya setahap demi setahap? Atau langsung beli rumah di perumahan yang sudah siap ditempati. Semua keputusan itu, ada di tangan kita. Perhatikan! Jangan bermimpi terlalu besar untuk memiliki rumah yang harganya selangit, sedangkan uang tabungan kita tidak memadai. Ini akan membuat kita patah hati lebih dulu, dan enggan meneruskan perjuangan mendapatkan rumah minimalis idaman hati.

Pergilah ke beberapa perumahan untuk melakukan survey kecil-kecilan, dan cek semua rumah yang tersedia disana, apakah rumah minimalis yang kita inginkan terletak di lokasi yang strategis atau tidak, apakah rumah minimalis yang ingin kita beli punya kualitas bangunan yang bagus atau tidak. Cek juga interior dan ekstriornya. Cek juga bagaimana pembayarannya, bila di cicil, berapa kali kita harus membayarnya, bila dibayar cash, apa bonus yang bisa kita dapatkan.

Dan yang terpenting, siapkan tabungan tersendiri di bank, atas nama kita. Hal ini untuk menjaga agar tabungan kita sekeluarga tidak habis diambil untuk hal-hal remeh, seperti jajan atau melampiaskan nafsu belanja. Cari juga layanan tabungan dengan biaya admin yang rendah, tanpa riba, dan aman serta terpercaya.

Nah, dengan melakukan beberapa hal diatas secara konsisten, dalam waktu beberapa tahun mendatang Anda seharusnya sudah dapat membeli rumah minimalis yang sesuai dengan keinginan Anda. 🙂

Tags: #Tips Membeli Rumah Minimalis

author
Author: 
    Inilah, 5 Cara Mudah dan Praktis Untuk Merawat Payung Kesayangan Anda
    Inilah, 5 Cara Mudah dan Praktis Untuk Merawat Payung Kesayangan Anda
    Di musim penghujan seperti sekarang ini, salah
    Desain Interior Rumah Mungil Minimalis
    Desain Interior Rumah Mungil Minimalis
    Desain Interior Rumah Mungil Minimalis – Ada

    Leave a reply "Tips Membeli Rumah Minimalis, Tanpa Merasa Menabung Lebih Dulu!"

    Must read×

    Top