Ingin Membangun Ruko Minimalis dengan Sentuhan Modern? Yuk, Simak Dulu Beberapa Hal Berikut Ini

Desain Ruko Minimalis

Desain Ruko Minimalis

Membangun ruko merupakan cara praktis untuk menciptakan peluang bisnis mandiri untuk memperoleh penghasilan yang lebih besar. Ruko atau singkatan dari rumah toko umumnya dibangun menjadi 2 lantai dengan pembagian lantai bawah untuk membuka usaha sementara lantai 2 digunakan sebagai hunian seluruh anggota keluarga. Sebenarnya tidak ada ukuran baku terhadap besar kecilnya ruko, semua tergantung dari luas lahan yang tersedia dan tentunya budget yang dimiliki pemilik rumah. Disaat desain minimalis menjadi satu-satunya solusi untuk menyiasati keterbatasan lahan seperti saat ini, banyak orang yang juga kemudian lebih suka membangun ruko dengan konsep minimalis. Secara desain, ruko minimalis tidak jauh berbeda dengan konsep minimalis pada rumah kebanyakan. Yang membedakan hanyalah pembagian ruangan didalamnya, dimana lantai 1 yang dibuat ruko biasanya memiliki desain terbuka tanpa banyak sekat yang menjadi pembatas antar ruang.

Seperti konsep minimalis pada umumnya, efisiensi ruang tetap menjadi prioritas utama ruko yang dibangun dengan konsep minimalis. Hal ini wajar mengingat ruko minimalis sendiri hanya berupa ruangan seperti rumah pada umumnya, hanya saja kemudian disulap menjadi ruang usaha dimana selanjutnya akan banyak terjadi interaksi antar pengunjung. Jadi meskipun mengusung konsep minimalis, dibutuhkan area yang lebih luas untuk membangun ruko sebagai langkah antisipasi apabila ruko dipadati para pembeli. Intinya, keterbatasan lahan harus disiasati dengan desain yang tepat sehingga setiap ruang yang tersedia dapat berfungsi sebagaimana yang diharapkan.

Efisiensi Ruang = Efisiensi Biaya

Efisiensi Ruang = Efisiensi Biaya

Sebenarnya banyak sekali keuntungan yang bisa diambil dari ruko 2 lantai. Tempat bisnis yang menyatu dengan rumah tinggal jelas merupakan satu langkah penghematan, sebab kita tidak perlu mengeluarkan dana tambahan untuk biaya transportasi apabila tempat kerja berada di lokasi berbeda. Ruko minimalis juga tidak membutuhkan banyak tenaga kerja karena semua pekerjaan yang berkaitan dengan proses transaksi dapat dikerjakan oleh salah satu atau semua penghuni rumah. Satu hal yang kadang menimbulkan polemik tersendiri yaitu terbatasnya luas ruangan, sehingga mau tidak mau kita harus menemukan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Kondisi sesak dan acak-acakan jelas akan terjadi jika kita salah menerapkan konsep desain pada sebuah ruko. Dari awal pembuatan desain, khususnya di bagian interior, kita harus lebih dulu mempertimbangkan banyak hal terkait aktivitas jual beli yang nantinya akan terjadi di dalam ruko. Minimal kita sudah mendapatkan gambaran secara detail pembagian ruangan didalamnya dengan ukuran yang seimbang sehingga produk yang dijual tertata dengan rapi, sementara di sisi lain para pengunjung mendapat space ruang yang cukup sehingga lebih leluasa bergerak untuk memilih produk yang mereka inginkan. Berkaca dari semua itu jelas dibutuhkan ide-ide inspiratif untuk menata layout ruangan dalam ruko agar mampu mengakomodasi seluruh kebutuhan konsumen.

Klasifikasi Produk

Klasifikasikan Produk Agar Ruko Minimalis Tertata Dengan Baik

Mengingat ruko minimalis memiliki ruang yang terbatas maka sebaiknya kita lakukan klasifikasi produk. Artinya dalam hal ini produk-produk yang akan kita jual dikelompokkan menurut jenisnya untuk kemudian kita letakkan ditempat berbeda. Umumnya ruangan-ruangan dalam ruko dibatasi oleh sekat berupa partisi atau tripleks. Namun untuk mendapatkan kesan ruangan lebih luas sekaligus menghemat biaya, sekat dari tripleks atau partisi lain sebaiknya kita ganti dengan gorden. Disini yang penting untuk diperhatikan adalah pilihan warna gorden tersebut. Untuk menciptakan suasana yang terkesan lebih bersih dan rapi, sebaiknya sekat atau gorden menggunakan warna putih atau biru muda. Selain itu warna putih sendiri dapat menyatu dengan tema warna pada dinding sehingga ruangan terkesan lebih luas.

Mengikuti perkembangan desain yang ada, ruko minimalis perlu mendapat sentuhan desain modern. Hal ini dapat direalisasikan dengan memberi fasilitas AC didalam ruko. Dengan demikian pengunjung akan semakin betah berada didalam ruko karena udara didalamnya bebas dari asap kendaraan bermotor dan tetap sejuk meskipun cuaca diluar sedang panas.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus anda pertimbangkan lebih dulu, sebelum mulai mendesain dan membangun sebuah ruko minimalis.

 

 

Tags: #Desain Ruko Minimalis #Membuat Ruko Minimalis #Ruko Minimalis

author
Author: 
    Desain Interior Rumah Mungil Minimalis
    Desain Interior Rumah Mungil Minimalis
    Desain Interior Rumah Mungil Minimalis – Ada
    Desain Interior Rumah Mewah Bergaya Eropa
    Desain Interior Rumah Mewah Bergaya Eropa
    Desain Interior Rumah Mewah Bergaya Eropa –

    Leave a reply "Ingin Membangun Ruko Minimalis dengan Sentuhan Modern? Yuk, Simak Dulu Beberapa Hal Berikut Ini"

    Must read×

    Top