10 Tips Sederhana Merancang Dapur Rumah Yang Ideal

Dapur Idaman

Dapur Idaman

10 Tips Sederhana Merancang Dapur Rumah Yang Ideal – Memiliki dapur yang ideal merupakan dambaan setiap keluarga. Karena kebersamaan yang harmonis diruang makan selalu berawal dari makanan lezat yang dibuat oleh istri maupun ibu kita disudut dapur rumah kita.

Nah, bicara soal dapur. Bukan hanya faktor kebersihan saja yang menentukan ideal atau tidaknya sebuah dapur. Karena masih banyak beragam faktor lainnya, yang sering kali kita lupakan karena dianggap terlalu sepele dan kurang penting. Misalnya, seperti penentuan lokasi dapur atau letak peralatan memasak dan alat-alat pendukung lainnya. Serta beberapa hal lainnya, yang dipercaya dapat membuat situasi memasak di dapur menjadi jauh lebih menyenangkan bagi para istri dan ibu rumah tangga. Mengapa hal ini menjadi cukup penting? karena situasi dapur yang menyenangkan tentu akan turut menentukan tingkat kelezatan dari masakan yang tercipta didalamnya.

Nah, bagi Anda yang sedang merancang dapur idaman Anda bersama orangtua maupun istri atau suami, serta anak-anak Anda.  10 Tips Sederhana Merancang Dapur Rumah Yang Ideal berikut ini, mungkin bisa sedikit menjadi referensi bagi Anda:

10 Tips Sederhana Merancang Dapur Rumah Yang Ideal

 

1. Menentukan Letak Dapur

Dapur pada era terdahulu, umumnya terletak tersembunyi di belakang rumah. Namun seiring perkembangan zaman dan peralihan desain arsitektur rumah dari kontemporer ke minimalis, dapurpun sebetulnya bisa diletakkan di bagian samping atau bahkan cenderung ke depan rumah. Karena yang terpenting, sebetulnya, bukan dimana letaknya namun bagaimana penataan sistem utilitas dan jaringan listrik serta sirkulasi udara dan cahaya untuk ruangan tersebut.

Karena itulah, hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum merancang dapur idaman Anda adalah tentukan dahulu posisi dapur yang betul-betul ideal menurut Anda sendiri. Yap, menurut Anda dan sesuai selera Anda, karena dalam beberapa kasus, banyak diantara kita yang justru lebih memilih pasrah pada kebijakan desain dari developer atau pengembang maupun ahli bangunan yang melakukan pembangunan atas rumah kita. Padahal, nantinya kita sendirilah yang akan menempatinya.

 

2. Sesuaikan Ruang Dapur yang akan dibuat Dengan Kebutuhan Anda

Sekalipun secara normatif fungsi utama dapur adalah tempat untuk memasak, namun setiap orang tentu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dalam menggunakannya. Sebagian dari kita mungkin menggunakan dapur hanya sebagai tempat memasak saja. Sebagian lagi, mungkin hanya memanfaatkannya sebagai ruang penyimpanan kebutuhan rumah tangga saja. Namun ada juga sebagian lainnya yang justru menggunakan dapur untuk kedua hal tersebut.

Dan yang membuat poin ini menjadi cukup penting adalah, karena penggunaan dapur yang berbeda tentu akan turut menentukan kebutuhan ruang yang berbeda pula. Sebagai contoh, jika Anda hanya menggunakan dapur sebagai tempat penyimpanan saja atau sesekali sebagai tempat mencuci piring dan gelas, Anda tidak membutuhkan dapur yang terlalu luas. Namun sebaliknya, jika yang Anda butuhkan adalah dapur yang nyaman untuk memasak serta menyimpan berbagai kebutuhan rumah tangga, tentu Anda juga harus merancang dapur yang punya ruang gerak lebih luas.

So, sebelum mengambil keputusan, buatlah daftar kebutuhan Anda terlebih dahulu…

 

3. Bayangkan Alur Aktivitas Dapur Yang Pas

Ketika daftar kebutuhan ruang sudah Anda tentukan, kini saatnya Anda membayangkan alur aktivitas dapur yang kira-kira akan berlangsung, disaat Anda sedang beraktivitas di dapur. Terdengar sepele mungkin, namun hal ini nyatanya akan turut mempengaruhi efisiensi dari kegiatan Anda selama berada di dapur.

Karena ketika alur aktivitas sudah terbayang, maka Anda bisa menentukan posisi dari masing-masing peralatan dapur dan bahan-bahan memasak yang dibutuhkan, ketika Anda sedang beraktivitas di dapur. Sehingga ketika dapur idaman Anda rampung nanti, Anda bisa memasak dengan lebih nyaman dan leluasa.

Dan yang tak kalah penting, pertimbangkan pula alur aktivitas dapur yang bersinggungan dengan ruang-ruang yang berbatasan langsung dengan dapur. Misalnya jika ruang dapur juga merupakan akses utama menuju ke kamar mandi.

 

4. Atur Pencahayaan dan Sirkulasi Udara Yang Baik

Salah satu syarat utama desain dapur yang ideal adalah terpenuhinya pencahayaan untuk menunjang aktivitas di dapur. Baik untuk pencahayaan alami pada siang hari, maupun pencahayaan buatan pada malam hari.

Karena tanpa adanya pencahayaan yang baik, kegiatan Anda di dapur, terutama ketika sedang memotong bahan makanan ataupun memasak, tentu akan ikut terganggu.

Dan jangan lupa, selain pencahayaan, sirkulasi udara yang baik juga harus ikut Anda pertimbangkan. Karena tanpa adanya sirkulasi udara yang baik, aktivitas memasak Anda tentu akan ikut terganggu, terutama ketika uap masakan Anda naik dan menyebar keseluruh area dapur.

 

5. Pilih Warna Cat Sesuai Luas Dapur

Perhatikan pula pilihan warna cat yang akan Anda gunakan untuk merancang dapur idaman Anda.

Sekilas, ide untuk memberikan warna cat sesuai warna favorit Anda terasa begitu menggoda. Namun, alangkah lebih baik jika Anda memilih warna cat dapur yang memang sesuai dengan luas ruangan yang tersedia. Tujuannya? tentu agar tercipta desain dapur yang betul-betul ideal.

Secara psikologis warna-warna di dalam skema hangat, seperti kuning, jingga/oranye, dan merah, dapat menjadi stimulus yang baik pada ruang makan dan dapur.

Namun, yang harus betul-betul Anda perhatikan disini, semua warna yang solid dan berani justru akan memberi kesan dekat dan sempit pada ruang dapur Anda. So, jika ruang dapur yang hendak Anda buat dan rancang tidak terlalu besar, usahakan untuk menghindari warna-warna tersebut.

 

6. Pilih Material Yang Sesuai

Inovasi material dalam pembuatan dapur yang ideal terus berkembang dari waktu ke waktu. Maka dari itulah, sebelum membuat desain dapur yang benar-benar ideal menurut versi Anda, cobalah untuk melakukan survey kecil-kecilan terlebih dahulu (bisa dengan bantuan internet), serta pelajari juga jenis-jenis material yang ada di pasaran.

Kenalilah karakteristik dan cara perawatan setiap material yang ada. Agar jangan sampai, dikemudian hari, Anda justru menyesal karena menggunakan material tersebut.

 

7. Siapkan Otomatisasi Kerja Dapur

Di era yang serba canggih dan otomatis seperti sekarang ini, seharusnya masalah seperti masakan gosong karena terlalu lama dipanggang atau digoreng sudah tidak perlu terjadi lagi. Karena saat ini, beragam piranti atau peralatan memasak yang tersedia di pasaran, juga sudah dibuat dengan teknologi yang mengedepankan faktor efisiensi, yang memudahkan Anda untuk beraktivitas tanpa takut membuang energi yang berlebih.

Namun jangan lupa, untuk tetap menyesuaikannya dengan budget yang ada. Karena peralatan memasak yang mahal pun belum tentu akan sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

8. Siapkan Perangkat Keamanan

Hal inilah yang seringkali dilupakan oleh kebanyakan orang. Padahal resiko paling tinggi yang sering terjadi, biasanya justru disebabkan karena tidak adanya alat-alat keamanan standar di dapur Anda.

Maka dari itulah, sebisa mungkin lengkapilah dapur Anda dengan perangkat keamanan yang memadai. Misalnya, tabung pemadam api (fire extinguisher) atau sprinkler untuk mengantisipasi kebakaran. Maupun pelapis lantai bertekstur yang dapat mencegah anggota keluarga yang melintas dari tergelincir.

 

9. Mencari Jasa Kontraktor

Apabila mewujudkan dapur yang ideal memang terasa berat untuk Anda lakukan sendiri, cobalah untuk menggunakan jasa perancangan kitchen set maupun jasa kontraktor yang bisa Anda temui dengan mudah di internet.

Namun jangan lupa, untuk tetap menggunakan jasa perancang atau kontraktor yang memang memiliki background pendidikan formal dalam bidang itu dan juga portfolio yang baik.

 

10. Tetap Sesuaikan Dengan Budget Anda

Anda bisa mendesain dapur ideal idaman Anda sesuai imajinasi Anda. Namun yang tak boleh terlupa adalah sesuaikan dengan budget atau anggaran belanja Anda.

Banyak orang terjebak untuk mendesain dapur ideal mereka dengan begitu mewah, namun lupa untuk memperhitungkan anggaran yang dimilikinya terlebih dahulu. Maka dari itulah, tetap sesuaikan desain dapur Anda dengan kebutuhan dan anggaran yang ada. Buat juga skala prioritas bagian mana yang terpenting dan layak didahulukan. Agar jangan sampai ketika budget Anda habis dapur ideal Anda justru belum sepenuhnya rampung.

 

Nah, itulah kira-kira 10 Tips Sederhana Merancang Dapur Rumah Yang Ideal bagi Anda 🙂

 

Tags: #10 Tips Sederhana Merancang Dapur Rumah Yang Ideal #Desain Dapur Ideal #Desain Dapur Yang Nyaman

author
Author: 
    Desain Rumah Minimalis 1 (Satu) Lantai
    Desain Rumah Minimalis 1 (Satu) Lantai
    Desain Rumah Minimalis 1 (Satu) Lantai –
    Mendesain Kamar Tidur Lucu Untuk Anak
    Mendesain Kamar Tidur Lucu Untuk Anak
    Mendesain Kamar Tidur Lucu Untuk Anak – Anak
    Inilah, 5 Cara Mudah dan Praktis Untuk Merawat Payung Kesayangan Anda
    Inilah, 5 Cara Mudah dan Praktis Untuk Merawat Payung Kesayangan Anda
    Di musim penghujan seperti sekarang ini, salah

    Leave a reply "10 Tips Sederhana Merancang Dapur Rumah Yang Ideal"

    Must read×

    Top