Denah dan Gambar Rumah Modern Bergaya Minimalis

Denah dan Gambar Rumah Modern Bergaya Minimalis
Denah dan Gambar Rumah Modern Bergaya Minimalis

Denah dan Gambar Rumah Modern Bergaya Minimalis – Denah dan gambar rumah modern bergaya minimalis, pertama kali diperkenalkan sebagai desain tandingan dari beberapa aliran arsitektur lain yang dinilai kurang efisien terhadap fungsi ruang sebuah bangunan, akibat terlalu boros dalam hal penggunaan material bangunan yang ada, seperti material batu-batuan, semen, pasir, dan kayu. Karena kekhawatiran mengenai material bangunan berlebih yang dapat merusak keseimbangan alam itulah, maka kemudian muncullah konsep rumah modern yang lebih sederhana, yaitu rumah modern minimalis. Berbeda dengan beberapa aliran arsitektur lainnya, desain rumah bergaya minimalis sendiri, secara spesifik lebih memprioritaskan fungsi dari sebuah bangunan, terutama fungsi ruang serta furnitur yang digunakan.

Pada dunia arsitektur sendiri, desain rumah modern minimalis cukup populer, terutama karena lebih terfokus untuk mengutamakan semua hal yang sifatnya esensial dan lebih fungsional.

Konsep modern minimalis, umumnya divisualisasikan dalam bentuk bangunan rumah minimalis dengan dominasi bentuk-bentuk yang lebih geometris dan elementer, serta minim dekorasi atau ornamen. Dengan nuansa modern yang biasanya diciptakan melalui inovasi terhadap berbagai macam material seperti kaca, beton, ataupun baja.

Kehadiran desain rumah modern milimalis sendiri, selain menciptakan terobosan baru dalam hal desain arsitektur, sekaligus ikut menjadi tantangan baru bagi para arsitek, untuk turut mengembangkan desain tersebut menjadi bentuk bangunan yang lebih unik, modern, serta elegan, namun tetap mengoptimalkan unsur minimalis.

Ciri-ciri Rumah Modern Minimalis

Desain rumah modern minimalis lebih cocok untuk penghuni rumah yang menyukai hal-hal simpel tapi terkesan modern, sederhana namun tetap menawan. Konsep modern dalam balutan kesederhanaan, menjadi dasar pilihan warna ruangan yang elegan dan lebih kalem sehingga terkesan rapi dan modern. Rumah modern minimalis sendiri, memiliki beberapa ciri khas yang lebih menonjol dibandingkan dengan rumah dengan konsep lain. Berikut beberapa ciri desain arsitektur yang umumnya ada pada gambar rumah modern minimalis, terutama pada bagian eksterior dan interiornya.

– Eksterior

Desain Eksterior Rumah Minimalis
Desain Eksterior Rumah Minimalis

Dibagian luar atau eksterior rumah modern minimalis, biasanya terdapat garis-garis geometris yang tegas baik garis vertikal maupun horizontal. Garis-garis tersebut, umumnya mendominasi seluruh bagian luar rumah sekaligus menjadi ciri khas rumah tersebut apabila dilihat dari luar. Rumah modern minimalis juga memiliki bukaan yang lebih lebar terutama pada bagian pintu dan jendela agar pandangan ke setiap sudut rumah tidak terhalang oleh apapun. Dan turut memberi kesan lebih luas ketika dipandang.

Penataan taman serta landscape juga terlihat lebih simpel, sekalipun tetap dihiasi dengan tanaman-tanaman hias berkelas. Biasanya, terdapat salah satu tanaman yang ukurannya jauh lebih besar dari pada tanaman-tanaman lain disekitarnya, yang sekaligus digunakan sebagai focal point. Pada bagian atap rumah, model atap datar seringkali digunakan untuk menonjolkan konsep modern minimalis yang diterapkan.

– Interior

Desain Interior Rumah Minimalis
Desain Interior Rumah Minimalis

Sedangkan untuk dibagian dalam atau interiornya sendiri, rumah modern minimalis biasanya lebih memaksimalkan area-area atau ruang-ruang yang terbuka serta nyaris tanpa penyekat. Selain itu, furnitur ukuran besar atau ornamen-ornamen rumit, seperti ukir-ukiran, sama sekali tidak berlaku pada konsep rumah modern minimalis ini sendiri. Sebaliknya, interior ruangan biasanya menggunakan furnitur yang jauh lebih simpel dan polos, namun tetap terlihat tegas. Dan lagi-lagi, tidak banyak ukiran pada jenis furnitur secara keseluruhan.

Penggunaan elemen kaca yang dipadukan dengan permainan warna umumnya merupakan ciri khas yang seringkali diterapkan pada rumah modern bergaya minimalis. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan suasana yang terkesan monoton, kaku, dan membosankan. Selain itu, konsep rumah modern minimalis, juga menonjolkan permainan cahaya, baik yang didapat dari cahaya lampu atau cahaya matahari yang masuk melalui kaca pintu dan jendela. Karena permainan warna yang dipadukan dengan permainan cahaya yang cukup, dipercaya sanggup memberikan efek keindahan yang lebih dramatis.

Nah, itulah kira-kira beberapa ciri khas rumah modern bergaya minimalis, yang biasanya lebih menonjol jika dibandingkan dengan konsep desain arsitektur lainnya.

Dan terakhir, sewaktu membuat sketsa atau gambar rumah modern minimalis, ada baiknya jika kita menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak perlu, sebab prinsip efisiensi dari konsep yang telah ditentukan merupakan ruh dari rumah itu sendiri. Efisiensi disini, terutama terkait biaya untuk membuat atau mendesain rumah tersebut. Intinya, kesalahan dalam membuat sketsa dan denah rumah, sangat memungkinkan terjadinya pembengkakan biaya dikemudian hari.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.