Rumah Minimalis Dengan Konsep Taman Minimalis

Desain Taman Minimalis

Desain Taman Minimalis

Rumah Minimalis Dengan Konsep Taman Minimalis – Rumah minimalis tidak akan sempura tanpa dekorasi taman yang sederhana nan elegan. Saat Anda hendak menciptakan sebuah rumah minimalis dengan desain interior yang sederhana, taman menjadi salah satu lahan yang penting untuk dimaksimalkan. Sebagai referensi, anda bisa mengikuti gaya modernis minimalis untuk taman yang hendak anda buat.

Ketika berbicara tentang taman minimalis, yang kita bicarakan sudah barang tentu mengenai ruang dan bagaimana menatanya. Atau dengan kata lain, desain taman minimalis sebetulnya adalah bagaimana cara kita dalam memanfaatkan halaman rumah yang cukup kecil dan menyulapnya menjadi taman bunga yang indah, bersih dan modern.

Salah satu manfaat memiliki taman minimalis adalah pemeliharaannya yang berbanding lurus dengan desainnya yang sederhana. So, anda dipastikan tidak akan menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk membersihkan dan menyiraminya.

Sebelum merancang taman pada rumah minimalis, pikirkan dulu konsepnya secara matang agar biaya yang Anda keluarkan bisa digunakan seefektif mungkin. Karena konsep taman, harus benar-benar disesuaikan dengan gaya hidup si pemilik rumah. Entahkah, Anda merupakan seorang profesional yang tinggal di pusat kota yang cukup sibuk, ataukah Anda seorang pecinta alam yang memiliki waktu luang yang cukup banyak dengan pengetahuan dasar yang baik dalam memelihara taman. Agar konsep yang Anda buat serta hasil yang akan Anda dapatkan nanti, tidak malah mengecewakan Anda.

Nah, sebagai referensi, berikut panduan dasar desain taman pada rumah minimalis yang perlu Anda ketahui:

Panduan Membuat Konsep Taman Minimalis Untuk Rumah Minimalis Anda

  • Batas Taman
Batas Untuk Taman Minimalis

Batas Untuk Taman Minimalis

Karena rumah Anda didesain secara minimalis, membuat batas adalah hal utama yang perlu dipikirkan dalam tahap awal. Penggunaan warna yang tegas akan sangat membantu. Buatlah sebuah daftar pilihan, berisi daftar warna apa saja yang sekiranya cocok untuk Anda gunakan di pagar dan dinding. Karena pemilihan warna adalah pondasi yang kuat untuk membuat taman minimalis yang sukses

Warna-warna netral seperti hitam, putih dan abu-abu sangat populer karena dipercaya dapat memberi efek menenangkan dan menyenangkan penghuninya. Membuat dinding dengan susunan batu gamping yang dihubungkan dengan lantai yang tersusun dari batu kerikil juga adalah solusi terbaik untuk menciptakan batas taman sederhana yang elegan. Dinding dari batu-batu gamping itu pun dapat dicat agar bloknya terlihat lebih halus.

Dalam hal ini, yang harus kita usahakan adalah konsep dinding multifungsi yang tidak hanya berguna sebagai batas taman, melainkan juga berguna sebagai proyeksi dari cahaya lampu taman dan dapat juga menjadi tempat menggantungkan bunga-bunga atau tanaman hias.

Dan terakhir, menambahkan panel kaca juga berguna agar cahaya dapat masuk ke taman secara lebih alami. Dan yang lebih penting, taman yang akan Anda buat juga akan terlihat lebih luas dengan adanya proyeksi dari kaca tersebut.

Batas ini akan semakin cantik dengan tambahan kayu-kayu yang menghubungkan antara dinding dan pagar.

  • Tidak Menggunakan Banyak Material
Paving Block Yang Sesuai Untuk Taman Minimalis

Paving Block Yang Sesuai Untuk Taman Minimalis

Pemilihan bahan dan warna adalah faktor utama yang menentukan kesan taman tersebut kemudian. Apakah terlihat bersih dan enak dipandang, atau justru sebaliknya, kelam dan enggan untuk dipandang. Disini, Anda akan belajar bagaimana menggunakan bahan yang tepat untuk menciptakan taman minimalis yang harmonis.

Paving block adalah pilihan material terbaik untuk lantai taman minimalis Anda. Namun jangan lupa, untuk tetap memilih pola yang sesuai dengan konsep rumah minimalis Anda. Dan yang paling penting, dalam penataannya, libatkan keterampilan ahli untuk mencapai kesan yang sempurna.

Warna paving dengan detail abu-abu adalah warna yang cukup harmonis untuk disandingkan ke berbagai warna furniture seperti kursi, bingkai jendela maupun pot tanaman.

Dan sekali lagi, detail pola paving harus benar-benar diperhatikan dengan cermat, untuk menciptakan desain minimalis yang profesional dan menjadikan taman rumah Anda sebagai ruang hunian yang nyaman bagi keluarga.

  • Tambahkan Rumput
Pemilihan Rumput Yang Cocok untuk Taman Minimalis

Pemilihan Rumput Yang Cocok untuk Taman Minimalis

Rumput merupakan faktor artistik utama dalam sebuah konsep taman modern. Anda bisa menggunakan jenis rumput gajah, rumput gajah mini, rumput jepang, rumput peking atau rumput yang dibiarkan tumbuh dengan bebas. Ciptakan kesan netral dengan menggabungkannya dengan batu atau kayu.

Dalam pengaturan taman minimalis, rumput sebaiknya ditanam secara hati-hati, serta diratakan hingga menyerupai karpet.

Perawatan rumput juga harus selalu diperhatikan, agar rumput tetap indah dan menarik. Minimal sebulan sekali, pangkaslah rumput taman anda dan berikan sedikit pupuk agar tetap segar dan indah.

Selain beberapa panduan dasar di atas, beberapa tips lain dibawah ini juga tidak kalah penting untuk anda perhatikan ketika hendak membuat taman minimalis dirumah minimalis anda:

Pencahayaan Untuk Taman Minimalis

Pencahayaan Untuk Taman Minimalis

  • Gunakan pencahayaan yang fokus untuk area teras, karena pencahayaan yang baik dapat membuat taman selalu terlihat terang, baik di waktu siang maupun malam hari.
  • Gunakan air untuk memberi efek ketenangan dan kedamaian. Air disini, bisa diciptakan dengan membuat kolam kecil dengan aliran air disekililing kolam atau menggunakan air mancur kecil.
  • Buat titik fokus pada satu obyek utama dalam desain taman minimalis Anda. Hal utama yang harus diperhatikan disini adalah memunculkan daya tarik dari suasana taman, entahkah itu dari sebuah air mancur, kolam ikan, patung ataupun pot tanaman bunga. Atau bisa juga jika anda ingin memfokuskan daya tariknya pada dinding yang disusun sedemikian rupa dengan batu alam, supaya siapapun yang melintas langsung tertuju kepada obyek tersebut.
  • Warna netral memang popular dalam konsep taman minimalis, namun bukan berarti Anda tidak bisa mengkombinasikannya dengan warna lain. Karena penggunaan cat dengan warna cerah untuk tembok dinding justru akan menciptakan kesan visual yang terasa lebih luas.
  • Sebuah taman dapat dikatakan sebagai taman minimalis, bila suasana taman tersebut terlihat bersih dan rapi. Selain itu, ornamen hiasan juga dipercaya akan membuat taman menjadi lebih efisien dan menarik. Maka dari itulah, pilihlah hiasan dengan pola vertikal dan horizontal yang memiliki permukaan keras dan kasar.
  • Tidak ada taman tanpa tanaman, ini merupakan bagian penting dalam menciptakan taman yang nyaman. Memilih tanaman dengan gaya minimalis akan membuat desain rumah minimalis Anda menjadi semakin jelas.
  • Terakhir, jangan lupa untuk selalu merawat taman minimalis anda sehingga keindahannya dapat tetap terjaga. Dalam memelihara dan merawat tanaman, Anda perlu memperhatikan pupuknya, menyediakan waktu untuk menyiramnya, serta memangkas daun dan rantingnya. Jika waktu perawatan adalah kendala utama Anda, sepertinya Anda perlu mempertimbangkan jenis tanaman yang pertumbuhannya agak lambat seperti tanaman tropis.

Kesimpulannya, konsep taman minimalis telah menjadi trend baru, seiring berkembangnya jumlah peminat rumah minimalis, terutama di daerah perkotaan. Karena konsep minimalis terbukti dapat menghemat ruang yang lebih banyak, dengan pemaksimalan ruang disetiap sudutnya.

Tags: #Desain Taman Minimalis #Panduan Membuat Taman Minimalis #Taman Minimalis

author
Author: 
    Desain Interior Rumah Mungil Minimalis
    Desain Interior Rumah Mungil Minimalis
    Desain Interior Rumah Mungil Minimalis – Ada
    Desain Interior Rumah Mewah Bergaya Eropa
    Desain Interior Rumah Mewah Bergaya Eropa
    Desain Interior Rumah Mewah Bergaya Eropa –

    Leave a reply "Rumah Minimalis Dengan Konsep Taman Minimalis"

    Must read×

    Top