Siklus Tidur Sebagai Faktor Penentu Tumbuh Kembang Anak

Siklus Tidur Anak

Siklus Tidur Anak

Setiap makhluk hidup memerlukan tidur yang merupakan aktivitas primer otak selama masa perkembangan awal. Irama sirkadian atau siklus bangun-tidur dikendalikan oleh terang dan gelap yang memerlukan waktu untuk berkembang, sehingga bayi yang baru lahir akan memiliki jadwal tidur yang tidak teratur. Irama atau ritme sirkadian akan mulai terbentuk sekitar usia 6 minggu, dan pada usia 3-6 bulan sebagian besar bayi sudah memiliki siklus tidur-bangun yang teratur.

Pada usia 3 tahun, sebagian besar anak akan menghabiskan lebih banyak waktunya untuk tidur dibandingkan untuk bangun dan bermain. Tidur merupakan hal yang amat penting, terutama pada anak karena memiliki dampak yang langsung terhadap perkembangan mental dan fisik. Penelitian menunjukkan 20-30% bayi, toddler, dan anak prasekolah mengalami masalah untuk mulai tidur dan sering terbangun di malam hari. Laporan penelitian longitudinal juga menunjukkan masalah tidur yang terjadi pada masa bayi dapat berlangsung terus hingga masa prasekolah dan usia sekolah serta menjadi kronik. Anak-anak yang aktif beraktivitas setiap hari merasa bahwa kegiatan mereka hari itu belumlah selesai. Anak bisa saja merasa malas untuk mandi sekalipun. Anda harus menyediakan sabun mandi cair bayi yang praktis untuk digunakan dan mudah pula untuk di bilas.

Pada bayi baru lahir irama sirkadian belum berkembang dengan sempurna, sehingga bayi bisa tidur dengan pulas di siang maupun malam hari. Namun dengan bertambahnya usia, bayi akan mampu untuk mempertahankan episode tidur dan bangun yang lebih lama. Faktor lingkungan dan sosial akan banyak mempengaruhi irama sirkadian, di antaranya waktu makan, suhu ruangan, suara/bising, rutinitas sebelum tidur, aktivitas fisik, nyeri, dan obat-obatan.

Pastikan Anda memberikan perawatan bayi terbaik untuk setiap episode tidur dan bangun dari buah hati Anda dengan menggunakan sleek baby. Bayi dalam usia 0-3 bulan akan tidur selama kurang lebih 16-18 jam per hari. Pola tidur bangun masih tidak teratur, dengan durasi tidur terlama antara 2,5-4 jam, seringkali tersinkronisasi dengan waktu menyusu. Bayi akan mulai tidur sepanjang malam pada usia 6-9 bulan yang merupakan suatu tahapan perkembangan yang besar pada usia ini. Pada anak usia 12 bulan sampai 6 tahun durasi tidur akan mulai berkurang.

Tags: #Irama sirkadian pada masa perkembangan anak #sabun mandi cair bayi #Siklus bangun-tidur Balita #Siklus Tidur Anak #sleek baby #Tumbuh Kembang Anak

author
Author: 
    Tips Agar Anak Anda Memiliki Kecerdasan IQ, SQ dan EQ
    Tips Agar Anak Anda Memiliki Kecerdasan IQ, SQ dan EQ
    Memiliki anak yang cerdas tentu menjadi dambaan

    Leave a reply "Siklus Tidur Sebagai Faktor Penentu Tumbuh Kembang Anak"

    Must read×

    Top