Inilah, Beragam Kandungan Susu yang Baik Bagi Pertumbuhan Anak

Inilah, Beragam Kandungan Susu yang Baik Bagi Pertumbuhan Anak

Ada beragam kandungan susu yang baik bagi pertumbuhan anak. Seperti halnya, kalsium dan protein. Maka tak heran jika kemudian, susu kerap diidentikkan sebagai salah satu sumber nutrisi terbaik bagi tumbuh kembang anak. Di 2 tahun pertamanya, anak bahkan dianjurkan untuk mulai mengkonsumsi jenis susu utuh agar terhindar dari risiko stunting (kurang gizi). Lantas nutrisi apa sajakah sebetulnya yang terkandung didalam susu anak?

Susu dan Kandungan Nutrisinya Bagi Tumbuh Kembang Anak

Setidaknya, ada 10 nutisi penting yang bisa anak dapatkan saat mengkonsumsi susu, yakni:

1. Kalsium dan Vitamin D

Di usia emasnya, anak membutuhkan asupan kalsium dan vitamin D yang cukup untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi serta otot tubuhnya. Dan kabar baiknya, kedua nutrisi penting ini bisa didapatkan anak dengan rutin mengkonsumsi susu. Kalsium yang terkandung didalam susu anak bahkan disebut-sebut bermanfaat untuk menghantarkan impuls saraf dan membantu proses pembekuan darah saat terjadi luka.

2. Protein

Selain kaya akan kalsium, susu juga dikenal kaya akan kandungan protein. Nutrisi yang diyakini amat baik, untuk mendukung perkembangan otak anak. Terdapat kurang lebih 7 – 8gr protein dalam segelas susu yang dikonsumsi anak. Dimana protein inilah yang akan membantu tubuh anak menyerap berbagai mineral penting seperti halnya kalsium. Protein jugalah yang nantinya akan mengganti jaringan tubuh yang rusak serta menguatkan imunitas anak. Bahkan membantu tubuh membentuk hemoglobin.

3. Lemak

Tahukah Bunda bahwa dalam masa pertumbuhannya anak juga membutuhkan lemak kompleks? Yap, lemak alami yang ada didalam susu anak berguna untuk menunjang perkembangan otaknya. Meskipun demikian, Bunda tidak dianjurkan untuk memberikan susu dalam jumlah berlebih. Karena hal ini justru akan meningkatkan risiko diabetes yang mungkin akan dialami anak. Idealnya, Bunda bisa memberikan 2 gelas susu /hari untuk Batita berumur 2-3 tahun, 2 hingga 3 gelas susu /hari untuk anak berusia 4 hingga 8 tahun dan 3 gelas susu /hari untuk anak yang telah berusia 9 tahun keatas.

4. Fosfor

Selain kalsium, mineral lain yang juga dibutuhkan anak ialah fosfor. Fosfor berguna untuk membentuk DNA dan RNA pada sel-sel tubuh anak. Serta membantu proses metabolisme didalam tubuhnya untuk mengubah karbohidrat, lemak dan protein menjadi energi.

5. Magnesium

Seperti halnya kalsium, magnesium pun kerap dikaitkan dengan kesehatan tulang. Hal ini karena tubuh membutuhkan magnesium untuk membentuk sel-sel tulang. Namun diluar itu, magnesium sebetulnya memiliki peran lain yang jauh lebih penting. Yakni meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur anak. Hal ini karena magnesium dipercaya dapat membuat tubuh anak menjadi lebih rileks menjelang waktu tidurnya. Itulah mengapa, malam hari menjadi salah satu waktu terbaik untuk memberikan susu pada anak.

6. Vitamin A, B, C, D, E

Selain melalui buah dan sayur, kita dapat memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh anak dengan memberikannya segelas susu. Yap, terdapat beragam kandungan vitamin yang baik bagi tumbuh kembang anak seperti Vitamin A, B, C, D hingga E.

  • Vitamin A sendiri berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak sekaligus menjaga kesehatan matanya.
  • Sementara Vitamin B berguna dalam proses metabolisme anak. Dan mampu menjaga kesehatan otak serta sistem saraf-nya.
  • Kemudian adapula Vitamin C yang dikenal amat baik untuk melindungi tubuh anak dari serangan radikal bebas serta memperkuat sistem imunnya.
  • Lalu Vitamin D yang telah kita bahas diawal tadi, untuk menunjang pertumbuhan tulang dan giginya
  • Serta Vitamin E yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan pembuluh darah anak

7. Kalium

Jangan lupa, bahwa dalam masa pertumbuhannya anak juga membutuhkan kalium. Kalium inilah yang akan membantu saraf dan otot anak bekerja secara lebih maksimal. Sekaligus mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh anak.

8. Zat Besi

Selain berperan meningkatkan produksi hemoglobin (Hb) untuk menunjang fungsi kognitif anak, Zat Besi juga dibutuhkan anak untuk meningkatkan fungsi motorik serta mengurangi rasa lelah yang mungkin akan dialami anak saat tengah bermain. Zat Besi juga disebut-sebut mampu meningkatkan kercerdasan anak.

9. Omega 3 & 6

Dalam tumbuh kembangnya, anak juga membutuhkan Omega 3 & 6 untuk meningkatkan daya ingat, kemampuan berpikir serta kecerdasan otaknya. Sayangnya, tubuh tidak memproduksi kedua asam lemak ini secara alami. Itulah mengapa, anak perlu mendapatkan asupan tambahan dari sumber makanan yang banyak mengandung Omega 3 & 6. Sepertinya halnya Anmum Essential. Anmum Essential dengan NUELIPID merupakan susu perkembangan anak yang telah diformulasikan khusus untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil.

10. Serat

Tahukah kamu, bahwa ada 9 dari 10 anak didunia yang kekurangan serat setiap harinya. Padahal serat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan saluran cerna, mengontrol berat badan anak, serta meningkatkan sistem imunnya. Itulah mengapa, penting bagi Bunda untuk juga mencukupi kebutuhan serat anak dengan rutin memberikan susu pada si kecil.

Nah, itulah beragam kandungan susu yang baik bagi pertumbuhan anak. Di masa emasnya, mari terus berikan yang terbaik bagi tumbuh kembang anak.

Advertisement

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.