Inilah, 8 Kelebihan Furniture Rotan Dibanding Furniture Kayu

Inilah, 8 Kelebihan Furniture Rotan Dibanding Furniture Kayu

Lemari rotan menjadi salah satu furniture yang cukup diminati oleh banyak orang. Hal ini karena selain ringan, harga lemari rotan juga terbilang jauh lebih murah dari pada lemari pakaian berbahan dasar kayu. Tak hanya didalam negeri, kualitas furniture rotan asal Indonesia, bahkan telah sampai ke mancanegara. Namun apa sebetulnya kelebihan furniture rotan dibanding furniture kayu? Dan apa yang membuatnya begitu digemari oleh masyarakat?

Kelebihan furniture rotan

Kelebihan furniture rotan

Setidaknya, ada 8 hal yang membuat furniture rotan dianggap jauh lebih unggul ketimbang furniture kayu, yakni:

1. Bobotnya yang super ringan

Yap, dibanding furniture kayu. Bobot furniture rotan memang jauh lebih ringan. Hal ini pulalah yang menjadi ide dasar pembuatan box atau tempat tidur bayi berbahan dasar rotan. Karena seperti yang telah sama-sama kita ketahui, tempat tidur bayi menjadi salah satu furniture yang paling sering digeser atau dipindah-pindah oleh pemiliknya. Saat pagi hari misalnya, sambil bersantai di teras rumah, para orang tua bisa sekaligus menjemur bayi mereka dengan meletakkannya di box bayi rotan. Bayangkan jika box bayi yang kita beli menggunakan material lain yang jauh lebih berat, seperti halnya kayu. Tentu, butuh usaha ekstra untuk memindahkannya. Dan alih-alih memindahkannya, kebanyakan dari kita pasti akan lebih memilih untuk menggendong si buah hati daripada harus bersusah payah untuk memindahkan box-nya terlebih dahulu.

2. Relatif lebih murah

Hampir setiap kita pasti akan melihat banderol harganya terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk membeli sebuah barang tertentu. Hal ini karena budget yang kita miliki, masih harus kita alokasikan untuk kebutuhan yang lain. Demikian pula saat hendak membeli sebuah furniture. Memilih furniture berbahan dasar rotan dapat menjadi langkah yang cukup tepat untuk menghemat anggaran belanja rumah tangga kita. Hal ini karena selain awet, harga furniture rotan juga terbilang jauh lebih murah ketimbang furniture kayu.

3. Ringan, namun kuat

Sekalipun cukup ringan, material rotan terbilang mampu menahan beban yang cukup berat. Hal inipulalah, yang membuatnya sering dijadikan material utama pembuatan kursi atau tempat tidur bernuansa klasik maupun modern.

4. Tidak membutuhkan perawatan khusus

Berbeda dengan furniture kayu yang perlu dibersihkan dengan cairan pledge, minimal sebulan sekali. Furniture rotan hanya perlu dibersihkan dengan menggunakan kuas. Itupun jika dirasa sudah mulai berdebu. Kita bahkan tidak perlu melakukan finishing ulang setiap beberapa tahun sekali. Cukup letakkan furniture rotan di tempat yang terlindung dari sinar matahari untuk menjaganya agar tetap awet.

5. Awet hingga puluhan tahun

Jika dirawat dengan betul, furniture rotan dapat bertahan hingga puluhan tahun. Kita bahkan dapat mewariskannya kepada generasi berikutnya. Dan tentu saja, hal ini akan menjadi sebuah cerita tersendiri. Terutama, jika dimasa yang akan datang anak cucu kita masih dapat menggunakan furniture tersebut.

6. Memiliki tekstur yang mudah dibentuk

Salah satu keunggulan lain dari material rotan adalah teksturnya yang lentur dan mudah dibentuk. Hal ini pulalah yang membuat para pengerajin rotan dapat mengkreasikannya kedalam berbagai bentuk yang cukup unik dan elegan. Misalnya, sebuah tudung saji untuk meja makan atau kursi boncengan anak untuk motor matic.

7. Memberikan kesan yang lebih natural

Warna asli rotan seakan memiliki daya tarik tersendiri bagi mereka yang menyukai nuansa natural. Tak terkecuali bagi mereka yang menyukai desain rumah bergaya rustic. Anyaman rotan yang terlihat cukup artistik, juga menjadikannya memiliki nilai seni yang cukup tinggi dimata para pemiliknya.

8. Ramah lingkungan

Rotan sendiri sejatinya merupakan material yang paling mudah untuk didapatkan. Hal ini karena pohon rotan mampu tumbuh lebih cepat dari pada pohon lain. Rotan bahkan dapat di produksi tanpa menggunakan cat sama sekali alias eco-friendly.

Lantas bagaimana jika para pemesan menginginkan furniture rotan dalam warna lain yang jauh lebih modern? Tentu hal ini tetap dapat diwujudkan, karena para pengerajin rotan umumnya telah menggunakan cat berbahan dasar air alias water-based untuk memproduksi berbagai furniture yang ramah lingkungan.

Nah, dengan sederet kelebihannya ini, furniture rotan dapat menjadi solusi terbaik bagi mereka yang ingin mempercantik interior rumah tanpa menghabiskan banyak anggaran.

Advertisement

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer