Inilah, 4 Destinasi Wisata Alor yang Wajib Untuk Kamu Kunjungi!

Inilah, 4 Destinasi Wisata Alor yang Wajib Untuk Kamu Kunjungi

Nusa Tenggara Timur terkenal dengan wisata pantai dan baharinya. Tak hanya Labuan Bajo, ada ribuan surga wisata tersembunyi lain yang dapat kita nikmati di provinsi yang satu ini.

Beberapa diantaranya terletak di kabupaten Alor. Yap, dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Alor menjadi salah satu destinasi wisata populer yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Bagi mereka yang hobi berselancar maupun menyelam, Alor menjadi salah satu opsi utama yang akan mereka pilih selain Bali.

Tempat Wisata Alor yang Wajib Dikunjungi

Seperti yang telah kita bahas tadi, Alor merupakan salah satu kabupaten di NTT yang memiliki panorama bahari yang tak kalah indah dari Labuan Bajo. Ada beragam tempat wisata menarik yang wajib untuk kamu kunjungi di kabupaten ini.

Untuk bisa sampai di kabupaten Alor. Kamu harus terlebih dahulu menempuh perjalanan laut atau udara sesampainya di kota Kupang. Yap, belum ada rute pesawat yang bisa langsung membawamu ke Alor tanpa singgah di Kupang terlebih dahulu. Begitu juga dengan rute laut, jika ingin langsung ke Alor, kamu harus naik kapal laut dari semarang. Sementara bagi kamu yang naik kapal laut dari Jakarta, tujuan akhirnya tetap hanya sampai di kota Kupang. Dan dari sana, kamu harus kembali menyebrang dengan kapal feri semalam perjalanan jauhnya. Itupun jika ombak masih dirasa cukup tenang. Jika tidak, kamu masih harus bermalam terlebih dahulu.

But, diluar itu.

Ada beragam tempat wisata eksotis yang menantimu di ujung perjalanan.

Yap, bagi kamu yang hendak berlibur bersama dengan anggota keluarga yang lain. Ada banyak tempat wisata yang wajib untuk kamu kunjungi di Alor. Beberapa diantaranya adalah:

1. Pantai Sebanjar

Pantai Sebanjar

Credit image : @andrikilua

Buat kamu yang hobi hunting foto untuk dimasukkan kedalam feed instagram-mu. Pantai sebanjar menjadi salah satu tempat wisata yang wajib untuk kamu kunjung.

Panoramanya yang begitu elok, membuat pantai ini sering dijadikan sebagai tujuan honeymoon untuk para pasangan yang baru saja menikah. Yap, it’s a romantic place, terutama menjelang sore hari. Dipantai ini, kamu dapat bermain-main dengan ombak yang cukup tenang dan bersahabat, serta pasir pantai yang begitu hangat saat bersentuhan dengan telapak kaki. Dan bagi kamu yang suka rebahan, kamu bisa berjemur sambil menikmati panorama yang begitu mengagumkan seharian penuh.

Oiya, keindahan matahari terbenam di pantai sebanjar juga merupakan daya tarik tersendiri dimata para wisatawan. Maka tak heran jika banyak diantara mereka yang biasanya akan menghabiskan malam di sekitar areal pantai atau sudah dari jauh-jauh hari memesan penginapan disekitar pantai sebanjar.

2. Mawar si Dugong

Mawar Si Dugong

Pulau Sika merupakan sebuah destinasi yang wajib untuk disinggahi jika ada diantara kamu ingin bertemu dengan “si Mawar”. Mawar di sini merupakan seekor dugong yang hidup di perairan Pantai Mali.

Si Mawar akan keluar setelah sang pawang memukul-mukul rotan yang dibawanya di atas permukaan air. Dan layaknya kucing maupun seekor anjing, Mawar si Dugong sangat senang bila pengunjung mengelus-elus tubuhnya. And FYI, hewan yang satu ini tergolong sangat jinak.

3. Pantai Ling’ai

Pantai Ling'ai

Pantai Ling’ai berada disekitar tebing yang cukup tinggi. Layaknya Pantai Sebanjar, ombak dipantai ini pun bisa dikategorikan cukup tenang. So, buat kamu yang udah nggak sabar ingin berenang di Pantai Ling’ai, kamu bisa mengajak serta anak-anakmu.

Atau buat kamu yang ingin menikmati panorama alam dari ketinggian, Kamu bisa menyusuri jalan pendakian menuju puncak tebing yang berada di sekitar pantai.

4. Air Terjun Mataru

Air Terjun Mataru

Credit Image : @mchllessss

Siapa sangka, kalau selain pantai ~ Alor juga memiliki sebuah air terjun yang sangat menawan. Air Terjun Mataru, begitu masyarakat sekitar menyebutnya. Air terjun ini merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib untuk kamu singgahi saat berkesempatan untuk berlibur ke provinsi NTT.

Menurut warga sekitar, air terjun ini akan terus mencucurkan airnya sepanjang tahun tanpa henti.

Pesona lumut dan pepohonan hijau yang berada disekitar air terjun pun turut menambah semarak keindahan Air Terjun Mataru.

Nah, itulah beberapa spot tempat wisata Alor yang wajib untuk kamu kunjungi. So guys, siapkan tenaga ekstramu saat hendak mengunjungi kabupaten Alor. Karena selain 4 spot wisata diatas, masih ada beragam tempat wisata lain yang wajib kamu kunjungi di kabupaten ini.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer