5 Pantai Paling Indah di Belitung untuk Liburan bersama Keluarga

Pamor Belitung sebagai destinasi wisata mulai dikenal pasca populernya film Laskar Pelangi yang rilis pada 2008 lalu. Dalam film tersebut, begitu banyak pantai indah yang diperkenalkan. Panorama indah pantai Belitung bahkan membuat pemerintah menobatkannya sebagai Bali baru pada 2016 lalu.

Bagi yang ingin mencari destinasi wisata bahari alternatif selain Bali, Belitung merupakan tempat yang paling tepat. Daerahnya yang masih relatif sepi, penduduknya yang ramah, dan pantainya yang tak kalah indah dari Bali dijamin akan membuat liburan Anda sekeluarga semakin menyenangkan.

Sebagai referensi, ada beberapa pantai indah di Belitung yang dapat Anda masukkan ke dalam daftar kunjungan, seperti:

1. Pantai Punai

Pantai Punai
Pantai Punai – Sumber : ksmtour.com

Pantai Punai merupakan surga tersembunyi yang letaknya lumayan jauh dari ibu kota Tanjung Pandan, yakni sekitar 93 km. Meskipun lokasinya jauh, panorama pantainya yang luar biasa akan mampu membayar rasa lelah Anda.

Kondisi Pantai Punai masih alami dan relatif sepi. Anda dapat menikmati birunya air laut dan pasir putih yang halus sembari bersantai menikmati embusan angin pantai. Di sekitar pantai juga terdapat deretan bebatuan granit kecil yang tampak indah saat terkena sinar matahari.

2. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi

Pantai inilah yang menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi. Pantai Tanjung Tinggi terletak di sepanjang rute Tanjung Pendam dan Tanjung Kalam. Pantai Tanjung Tinggi memiliki luas sekitar 80 hektare dan areanya dihiasi deretan nyiur dan pasir putih. Yang menjadi ikon pantai ini tidak lain adalah bebatuan granit besar yang  menarik untuk dijadikan objek bidikan kamera. Anda dapat mencoba berenang dan bermain voli di tepian pantai karena kawasan Pantai Tanjung Tinggi ini relatif aman.

3. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang

Sama seperti Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang juga dihiasi batu-batu granit berukuran besar yang tak kalah cantiknya. Wilayah perairan dangkal pantai ini masih tergolong jernih, terlebih dihiasi pasir putih halus. Meski potensi wisatanya belum maksimal, pantai ini tetap menarik untuk dikunjungi. Anda dapat berenang atau sekadar duduk santai di tepi pantai sembari menunggu matahari terbenam.

4. Pantai Penyabong

Pantai Penyabong
Pantai Penyabong

Pantang Penyabong berada sekitar 65 km dari Tanjung Pandan, tepatnya di Desa Batu Lubang. Sama seperti pantai lainnya di Belitung, Pantai Penyabong juga memiliki deretan batu-batu granit dengan berbagai bentuk.

Bedanya, Pantai Penyabong memiliki batu granit yang posisinya menjorok hingga ke tengah laut sehingga sering diibaratkan sebagai dermaga alami. Angin dan ombak di Pantai Penyabong relatif lebih kencang dibandingkan pantai-pantai lainnya. Karenanya, hati-hati, ya, saat ingin bermain di pantai.

5. Pantai Nyiur Melambai

Pantai Nyiur Melambai
Pantai Nyiur Melambai – Sumber : IndonesiaKaya.com

Berada di Kecamatan Manggar, Pantai Nyiur Melambai dapat dijangkau dengan kendaraan darat dan laut. Pantai ini juga memiliki garis pantai panjang dan teduh, dihiasi deretan pohon kelapa dan pinus yang membuatnya tampak semakin cantik. Di kawasan pantai ini juga terdapat perahu dan sampan nelayan dengan warna-warni cantik. Bila perlu, Anda dapat menyewa sampan untuk mengelilingi lautan sembari bersantai menikmati angin pantai.

Segera rencanakan perjalanan wisata Anda dan keluarga ke Belitung dengan mencari tahu harga tiket pesawat Garuda Indonesia murah secara online. Kunjungi website Airy untuk mencari informasi terkini seputar harga tiket pesawat dari berbagai maskapai serta rute populer lainnya.

Dengan Airy, Anda dapat memperoleh kemudahan dalam melakukan pemesanan tiket pesawat secara online. Kehadiran layanan konsumen terbaik juga dapat menjawab pertanyaan Anda seputar proses pemesanan tiket. Karenanya, percayakan kebutuhan perjalanan Anda pada Airy, solusi budget travel terbaik.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.