Desain Interior Untuk Model Rumah Minimalis 1 (Satu) Lantai

Desain Interior Rumah Minimalis

Desain Interior Rumah Minimalis

Desain Interior Untuk Model Rumah Minimalis 1 (Satu) Lantai – Membangun rumah minimalis menjadi 2 lantai, merupakan ide positif untuk mengatasi keterbatasan jumlah ruang yang dibutuhkan. Hal ini sekaligus solusi bagi mereka yang memiliki jumlah anggota keluarga lebih dari 4 orang, dimana masing-masing tentu membutuhkan ruang gerak yang cukup untuk menjalankan aktivitas. Namun untuk keluarga kecil, sepertinya model rumah minimalis 1 lantai sudah lebih dari cukup untuk mengakomodasi semua kebutuhan setiap penghuni rumah khususnya kebutuhan akan ruangan. Disaat rumah minimalis hadir dengan beragam model dan tipe, hal ini diikuti oleh desain-desain rumah yang semakin bervariasi, sehingga layaknya rumah kontemporer dan kovensional, rumah minimalis sendiri mampu menjelma menjadi rumah idaman bagi keluarga.

Meskipun sifatnya tidak mutlak, mayoritas rumah minimalis identik dengan keterbatasan luas bangunan yang sangat berpengaruh pada desain ruang didalamnya, apalagi jika model rumah minimalis tersebut tidak direncanakan sebagai rumah tumbuh atau 2 lantai. Kondisi ini, harus disikapi dengan bijak mengingat nantinya, seluruh aktivitas hanya akan bertumpu pada 1 lantai. Seperti prinsip dasar rumah minimalis pada umumnya, desain rumah minimalis 1 lantai harus tetap memaksimalkan efisiensi ruang, yang mencakup jumlah serta ukuran masing-masing ruangan. Misalnya, jika rumah minimalis yang kita pilih adalah type 36, dilihat dari tipenya, rumah minimalis type 36 hanya memiliki luas kurang lebih 36 m2. Jadi, seandainya tidak dikembangkan menjadi 2 lantai, maka jumlah ruangan didalamnya harus disesuaikan dengan kebutuhan, dalam artian tidak boleh ada ruang yang terbuang percuma atau tanpa fungsi sama sekali.

Abaikan Aturan: “Utamakan Kenyamanan”

Model rumah minimalis 1 lantai terutama dari proses pembangunannya, memang memiliki banyak aturan. Namun untuk alasan kenyamanan, tentu tidak ada salahnya jika kita mengabaikan sedikit peraturan, dengan modifikasi desain yang tentunya tidak kalah apik dibanding dengan kita mengikuti pakem konsep minimalis. Tentu saja kenyamanan yang dimaksud, berkaitan dengan interior ruangan minimalis – yang menurut sebagian orang, sedikit sulit untuk menata layout-nya.

Untuk menata interior ruangan, sebaiknya kita mulai dari benda, furnitur, atau apa saja yang kita anggap paling penting di ruangan tersebut. Pada ruang keluarga contohnya adalah sofa. Karena ini tidak ada kaitannya dengan aturan, namun hanya memprioritaskan kenyamanan, maka jika biasanya bentuk sofa ruang keluarga adalah persegi atau melingkar, kita bisa mencari alternatif bentuk lain, selama itu memberi kenyamanan bagi kita dan seluruh anggota keluarga. Contoh lainnya, jika banyak orang atau tamu yang sering mengakses ruang keluarga, tentu kita membutuhkan lebih banyak tempat duduk,,namun disatu sisi tidak semua orang suka duduk di sofa. Nah, dengan alasan kenyamanan pula, kita bisa memasukkan beberapa kursi di ruangan tersebut. Cara ini tentu saja membuat rumah minimalis 1 lantai lebih fungsional dan efisien terhadap ruang.

Kualitas barang yang diaplikasikan pada rumah minimalis juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Betul memang, dengan hanya memajang furnitur atau aksesoris yang sederhana dan murah saja sudah cukup membuat kesan yang kuat pada rumah minimalis kita. Namun ide yang bijak jika sekali waktu, kita membeli barang yang harganya sedikit lebih mahal untuk memperkuat kesan modern dalam ruangan tersebut (tentu dengan tetap mempertimbangkan masalah anggaran). Dalam hal desain, kesan unik akan kita dapatkan dari perpaduan furmitur yang baru dengan barang-barang berusia tua atau benda-benda antik dari pasar loak. Kesan artistik seketika akan muncul manakala perpaduan furnitur tersebut berjajar disalah satu bagian ruangan.

Intinya untuk model rumah minimalis 1 lantai, khususnya dari sisi keindahan interiornya, kunci utamanya adalah buatlah desain yang tidak terlalu ramai. Artinya semakin sedikit, justru semakin baik. Yang terpenting adalah, pastikan seluruh komponen ruangan yang mencakup furnitur, aksesoris, dan lain sebagainya harus tetap terlihat sesederhana mungkin, dan jika ada yang terlihat terlalu over, segeralah rombak ruangan agar benar-benar terasa nyaman.

Tags: #Desain Interior Rumah Minimalis #Model rumah minimalis 1 lantai

author
Author: 
    Mendesain Kamar Tidur Lucu Untuk Anak
    Mendesain Kamar Tidur Lucu Untuk Anak
    Mendesain Kamar Tidur Lucu Untuk Anak – Anak
    Desain Interior Rumah Mungil Minimalis
    Desain Interior Rumah Mungil Minimalis
    Desain Interior Rumah Mungil Minimalis – Ada

    Leave a reply "Desain Interior Untuk Model Rumah Minimalis 1 (Satu) Lantai"

    Must read×

    Top