Bun, Inilah 5 Nutrisi Kehamilan yang Kamu Butuhkan di Trimester Awal Kehamilan

Inilah 5 Nutrisi Kehamilan yang Kamu Butuhkan di Trimester Awal Kehamilan

Trimester pertama kehamilan merupakan masa-masa paling krusial bagi tumbuh kembang janin yang ada didalam kandunganmu. Karena di masa-masa inilah organ tubuh bayi akan mulai terbentuk, mulai dari sistem syaraf, kepala, mulut, leher, jantung, lengan, hingga kaki dan jari jemarinya. Itulah mengapa, di trimester awal kehamilan, kamu membutuhkan lebih dari hanya sekedar makanan bergizi saja. Yap, kamu dan janinmu juga membutuhkan beragam nutrisi kehamilan yang penting bagi kesehatanmu maupun tumbuh kembangnya.

Itulah mengapa, di minggu pertama hingga minggu ke-12 kehamilanmu, kamu amat dianjurkan untuk tidak dulu membatasi ataupun mengurangi jatah makanmu. Karena di minggu-minggu inilah kamu diharapkan dapat mengoptimalkan tumbuh kembangnya melalui beragam makanan, minuman serta multi vitamin atau suplemen kehamilan yang kamu konsumsi.

Lantas makanan atau minuman apa sajakah yang baik untuk kamu konsumsi di trimester awal kehamilanmu? Berikut pembahasannya:

1. Susu

Susu

Mengapa susu? karena selain tinggi kalsium, minuman yang satu ini juga mengandung protein (termasuk kasein didalamnya), magnesium, vitamin B, serta protein turunan lain seperti whey. Itulah mengapa kamu amat diajurkan untuk rutin mengkonsumsinya dimasa-masa awal kehamilanmu, karena beragam nutrisi inilah yang nantinya akan turut memaksimalkan pertumbuhan tulang dan gigi si kecil. Tak hanya itu, susu pun dipercaya dapat membantu melancarkan peredaran darahmu, serta membantu kinerja sistem otot dan syaraf supaya lebih maksimal selama masa-masa kehamilan. Dan kabar baiknya nih bun, jika enggan untuk meminum susu secara langsung, kamu dapat pula mengkonsumsi keju ataupun yoghurt sebagai gantinya, karena kedua makanan olahan inipun sama-sama berasal dari susu. Yang penting untuk kamu perhatikan adalah, jangan sampai kamu mengkonsumsinya secara membabi buta, terlebih jika sebelumnya kamu memiliki riwayat kadar gula darah yang cukup tinggi maupun intoleransi tubuh terhadap laktosa.

2. Buah, sayur, dan kacang-kacangan

Buah, sayur, dan kacang-kacangan

Mengkonsumsi buah dan sayur saat masa-masa kehamilan tidak hanya dapat membantumu memenuhi kebutuhan serat dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, melainkan dapat juga memenuhi kebutuhan janin akan Vitamin A, Vitamin C, serta Asam Folat. Vitamin A sendiri berguna untuk meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh bayi dan membantu perkembangan sel-sel didalam tubuhnya. Vitamin A juga baik untuk menutrisi indera penglihatan bayi. Sementara Vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh bunda selama masa-masa kehamilan. Serta membentuk kolagen didalam tubuh bunda yang merupakan salah satu jenis protein yang amat dibutuhkan janin dalam masa tumbuh kembangnya. Kandungan antioksidan yang terdapat didalam Vitamin C juga dapat membantu bunda melalui masa-masa kehamilan dengan tubuh yang sehat dan fit. Dan terakhir, kandungan Asam folat yang banyak terkandung didalam kacang-kacangan serta beberapa jenis sayuran hijau seperti bayam dan brokoli dipercaya dapat menghindarkan bayi dari cacat lahir. Karena asam folat jugalah yang merupakan salah satu sumber nutrisi kehamilan yang dibutuhkan janin untuk mendukung perkembangan otak dan sumsum tulang belakangnya.

3. Ikan Salmon

Ikan Salmon

Ikan dipercaya mengandung banyak protein yang amat baik bagi perkembangan sel-sel, jaringan dan organ tubuh bayi di minggu-minggu awal pertumbuhannya. Terlebih jika jenis ikan yang bunda konsumsi adalah ikan salmon. Mengapa demikian? karena selain kaya akan protein, ikan salmon juga dikenal kaya akan asam lemak omega-3 yang amat baik bagi perkembangan otak bayi karena mengandung DHA dan EPA.

4. Daging merah atau daging unggas

Daging Merah atau Daging Unggas

Di trimester awal kehamilan, bunda juga harus memperhatikan jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh. Karena kalori inilah yang nantinya akan menghasilkan energi bagi tubuh, yang berguna untuk memaksimalkan perkembangan janin. Bunda membutuhkan minimal 2.000 Kcal setiap harinya. Dan untuk memenuhinya, bunda bisa mengkonsumsi daging merah ataupun daging unggas. Oiya bun, selain bisa membantu memenuhi kebutuhan kalori di dalam tubuhmu, daging merah pun dapat membantu memenuhi kebutuhan Zat Besi yang kamu butuhkan untuk memproduksi hemoglobin. So, jangan sampai diabaikan ya bun.

5. Sereal

Sereal

Nutrisi kehamilan terakhir yang bunda butuhkan adalah Sereal. Mengapa Sereal? karena bunda bisa dengan mudah memenuhi kebutuhan karbohidrat tubuh dengan memakan Sereal. Tak hanya sereal sebetulnya, bunda bisa mendapatkan karbohidrat dari jenis makanan lain seperti Nasi dan Kentang. Namun jenis karbohidrat yang berasal dari biji-bijian utuh seperti gandumlah yang amat disarankan oleh banyak ahli kandungan.

Nah Bun, Itulah 5 makanan atau minuman yang dapat kamu konsumsi untuk memenuhi kebutuhanmu akan nutrisi kehamilan.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.