Pertolongan Pertama pada Luka Lecet dan Cara Merawatnya

Pertolongan Pertama pada Luka Lecet dan Cara Merawatnya

Sekecil apa pun luka Anda, jangan lantas menyepelekan apalagi membiarkannya begitu saja. Setiap luka kecil, khususnya pada bagian kulit harus diberi perhatian sekaligus perawatan yang tepat supaya kulit bisa sembuh secara sempurna. Terlebih lagi dijaman yang sudah sangat modern ini Anda tidak perlu kebingungan dalam melakukan perawatan pada luka. Hanya cukup menggunakan penutup luka bakar, maka luka Anda akan terhindarkan dari infeksi.

Balutan luka seperti plester, sebetulnya bukan hanya sekedar plester biasa. Karena di dalam plester, biasanya sudah terdapat antiseptik untuk mengobati luka dan membuat luka tersebut lebih cepat kering. Plaster yang dijual di pasaran memberikan banyak pilihan bentuk dan motif, sehingga Anda dapat memilihnya sesuai dengan selera Anda masing-masing. Meskipun plester berguna untuk menutup luka, namun Anda tidak perlu khawatir luka tidak mengering. Peran plester selain digunakan untuk menutup luka, plester juga berguna untuk merawat luka lecet dengan cara mengeringkan luka lebih cepat.

Berikut ini adalah beberapa cara praktis memberikan pertolongan pertama pada luka lecet, yaitu:

1. Membersihkan

Membersihkan Luka Lecet

Langkah pertama yang harus Anda lakukan, yaitu dengan membersihkan luka menggunakan antiseptik maupun obat khusus. Peran dari antiseptik ini berguna untuk mencegah terjadinya bakteri atau kuman yang menempel pada luka, sehingga akan menghindarkan terjadinya infeksi.

2. Mendesinfeksi luka

Mendesinfeksi luka

Jika kulit lecet akibat goresan benda, maka pastikan bahwa serpihan benda yang menyebabkan luka sudah Anda hilangkan. Jika Anda mengobati luka yang masih terdapat serpihan benda di dalamnya, maka pengobatan yang Anda lakukan tidak akan memberikan hasil yang baik, bahkan sebaliknya justru akan menimbulkan infeksi. Sekecil apa pun serpihan benda yang ada di dalam luka, tetap saja harus dikeluarkan.

3. Hentikan pendarahan

Hentikan pendarahan

Apabila luka sampai mengeluarkan darah, terlebih dalam jumlah yang banyak, maka gunakan perban steril untuk menghentikan pendarahan. Untuk membalut luka tentukan lokasi luka tersebut. Apabila luka sedang, Anda bisa menggunakan plester perban seperti hansaplast kain elastis, apabila luka berada di area besar, seperti di lutut, Anda bisa menggunakan Hansaplast Kain Elastis Jumbo.

Cukup mudah memberikan pertolongan pada luka lecet yang baik dan benar agar terhindarkan dari yang namanya infeksi. Jika Anda belum paham betul tata cara dalam memberikan pertolongan pada luka, maka ikuti ke 3 langkah di atas.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.