Obat Alami Atasi Pilek Yang Aman Untuk Anak

Obat Alami Atasi Pilek Yang Aman Untuk Anak

Pilek merupakan salah satu penyakit yang paling sering menghampiri anak-anak. Saat pilek melanda, kondisi badan anak menjadi drop dan tidak stabil, bahkan cenderung rewel karena lendir yang mengganggu pada hidung mereka. Obat pilek ampuh yang tidak ngantuk untuk saat ini mungkin sudah jarang ditemui. Tetapi, kalau Anda mau sedikit berusaha mencarinya, ada beberapa obat herbal atau obat alami yang dapat ditemui di sekitar rumah kita untuk mengobati pilek pada anak.

Berikut ini adalah beberapa obat alami untuk pilek yang aman dikonsumsi oleh anak-anak, diantaranya adalah:

1. Garam

Garam

Tidak banyak yang tahu kalau larutan garam dapat membantu mencairkan lendir yang lengket dan menempel di dinding hidung serta tenggorokan anak. Sebuah penelitian bahkan menyatakan bahwa larutan garam dapat membuat anak lebih mudah mengeluarkannya (lendir tersebut) dalam bentuk ingus ataupun dahak.

Anda dapat menerapkan obat alami ini pada anak, caranya cukup mudah pertama larutkan setengah sendok garam dalam satu gelas air hangat. Kemudian ajak anak untuk kumur-kumur air garam selama beberapa detik dan buang airnya. Lakukan pengobatan alami ini sampai beberapa kali, sampai anak merasa nyaman.

2. Madu

Madu

Madu mempunyai sifat antimikroba yang dapat membantu sistem imun tubuh pada anak supaya dapat lebih efisien melawan peradangan akibat pilek.

Biasakan anak untuk mengkonsumsi madu sebagai obat pilek alami, Anda dapat memberikannya secara langsung sebanyak satu sendok makan madu pada pagi dan malam hari. Atau bila dirasa terlalu manis atau kental oleh anak, madu dapat dilarutkan dalam minuman hangat seperti teh atau air lemon. Tidak hanya efektif meredakan pilek, segelas air madu juga membantu mencegah dehidrasi pada anak.

3. Sup ayam dengan bawang putih

Sup ayam dengan bawang putih

Menurut catatan sejarah pada zaman Mesir, Yunani, bahkan Tiongkok Kuno, selama ribuan tahun bawang putih telah dipercaya sebagai obat untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit, di antaranya adalah flu dan pilek.

Bahkan studi dalam jurnal Clinical Nutrition tahun 2012 melaporkan bahwa vitamin C dan senyawa allicin yang terkandung pada bawang putih dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan kuman penyakit. Dan kandungan vitamin C-nya juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dari penyakit.

Sebenarnya manfaat bawang putih sebagai obat pilek alami akan terasa sangat manjur apabila dimakan langsung atau mentah. Namun karena bawang putih disini akan diperuntukkan bagi anak-anak, maka jauh lebih baik bila bawang putih tersebut dikonsumsi bersama dengan olahan masakan lainnya. Supaya anak lebih menyukainya, dan tidak enggan untuk memakannya.

Misalnya, Anda bisa mengolah bawang putih tersebut untuk dibuatkan menjadi sup ayam. Karena olahan ayam dan bawang putih dapat menjadi perpaduan yang sangat tepat untuk menyembuhkan pilek. Apalagi, pada daging ayam terdapat zat yang disebut carnosine yang dapat membantu mengurangi gejala pilek. Uap hangat dari sup ayam, juga akan membantu melegakan hidung anak yang sedang tersumbat.

Meski demikian, Anda tetap harus teliti dengan obat alami yang cocok untuk anak, karena obat yang satu belum tentu akan cocok bagi seorang anak. Sama seperti obat yang lain juga belum tentu cocok bagi anak yang lain. Bagi Anda yang membutuhkan informasi kesehatan lain, Anda bisa langsung meng-klik tautan berikut: https://www.guesehat.com/mengatasi-gangguan-pencernaan-pada-bayi .

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.