Intip 6 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan Bumil Berikut Ini!

Manfaat Daun Katuk

Nama daun katuk mungkin masih asing di telinga sebagian orang, karena cukup jarang digunakan sebagai bahan makanan kecuali sayur bening. Padahal sebenarnya, ada banyak sekali manfaat daun katuk bagi kesehatan. Salah satunya adalah bagi para wanita yang sedang hamil atau menyusui. Kebanyakan diantara mereka yang mengkonsumsi daun katuk adalah para wanita yang sedang hamil atau mengandung. Karena masa kehamilan memang menjadi saat saat yang paling riskan dan krusial bagi para wanita. Hal ini karena ada calon buah hati di dalam rahim yang membutuhkan asupan nutrisi secara lengkap dan seimbang, sehingga nantinya ia dapat tumbuh dan berkembang secara lebih optimal sampai saat kelahirannya.

Sudah barang tentu setiap orang tua tidak ingin buah hatinya terlahir dengan kondisi cacat. Itulah mengapa penting bagi para calon ibu untuk memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya. Para ibu hamil dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah buahan untuk mencukupi kebutuhan vitamin. Selain itu, beberapa sayur seperti daun katuk ini sendiri juga dapat menjadi salah satu bahan makanan yang memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para bumil selama masa ini.

Berikut, beberapa manfaat konsumsi daun katuk yang dapat dirasakan oleh bumil serta janin yang berada di  dalam kandungan:

  1. Detoksifikasi racun yang ada dalam tubuh. Kandungan klorofil yang ada di dalam sayuran ini dipercaya secara ampuh mampu membantu Anda mengeluarkan senyawa racun dari dalam tubuh. Sehingga nantinya tubuh akan terasa jauh lebih bugar dan juga sehat, termasuk juga bagi bayi yang sedang dikandung. Daun katuk amat bermanfaat untuk mencegah resiko janin terkontaminasi dengan senyawa racun berbahaya yang dapat memicu kecacatan saat lahir nanti.
  2. Cegah anemia. Kandungan zat besi yang cukup tinggi di dalam sayuran ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk cegah terjadinya anemia. Apalagi bagi bumil yang sebelumnya juga sudah memiliki riwayat penyakit kekurangan sel-sel darah merah tersebut. Sehingga beresiko tinggi juga di dalam mengganggu pertumbuhan janin yang ada dalam kandungan.
  3. Melancarkan produksi asi. Memang benar bahwa asi ini baru akan keluar ketika wanita sudah melahirkan, namun faktanya tidak semua wanita bisa mengeluarkan asi, karena tak jarang didapati para wanita yang payudaranya kering sehingga tidak dapat memproduksi asi. Mengkonsumsi daun katuk selama masa kehamilan, akan membantu Anda mempersiapkan diri, agar nantinya Anda bisa memproduksi asi untuk buah hati.
  4. Mendukung pertumbuhan organ tubuh janin agar sempurna. Banyaknya kandungan senyawa bermanfaat yang ada di dalam daun katuk ini memang berfungsi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi atau gizi bagi janin yang ada di dalam kandungan. Sehingga nantinya pertumbuhan dan juga perkembangan organnya bisa berlangsung secara optimal atau sempurna.
  5. Menstimulasi hormon selama masa kehamilan tersebut. Phytochemical yang ada di dalam daun katuk ini bisa menstimulasi pertumbuhan dari hormon steroid yang ada dalam tubuh, termasuk diantaranya adalah progesteron, enterogen sampai dengan estradiol.
  6. Membantu mengontrol gula darah. Resiko gula darah yang tinggi bisa menjadi penyebab penyakit diabetes gestational, atau penyakit diabetes yang hanya diderita oleh wanita hamil. Rutin dalam mengonsumsi daun katuk ternyata sangatlah bagus untuk menjaga gula darah agar tetap stabil.

Nah, ada begitu banyak bukan manfaat daun katuk yang selama ini tidak kita ketahui. Daun katuk tak hanya dapat dikonsumsi oleh bumil saja, melainkan oleh semua orang. Selain 6 manfaat di atas, sebenarnya masih banyak khasiat lain yang bisa Anda peroleh dari daun katuk. Anda bisa dengan mudah menjumpainya di pasaran. Bahkan tak jarang, beberapa orang juga menanamnya di pekarangan rumah mereka. Karena tumbuhnya yang memang tergolong cukup mudah.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer