Inilah, 7 Manfaat Ketan Hitam yang Jarang Kita Ketahui

Inilah, 7 Manfaat Ketan Hitam yang Jarang Kita Ketahui

Selain kaya akan nutrisi, ketan hitam dipercaya memiliki beragam manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Di Indonesia sendiri, ketan hitam biasanya diolah menjadi tape uli atau bubur ketan hitam yang disajikan dengan campuran santan. Mereka yang tidak terbiasa menyantap nasi dipagi hari, biasanya akan memilih bubur ketan hitam sebagai menu sarapan alternatif.

Manfaat Ketan Hitam Bagi Kesehatan

Namun tahukah kamu? dibalik kandungan gizinya yang cukup kompleks itu. Ternyata ada beragam manfaat medis yang jarang kita ketahui. Ingin tahu apa saja manfaat ketan hitam bagi kesehatan? Mari simak penjelasan berikut ini

1. Baik bagi pencernaan

Tahukah kamu, kalau ketan hitam merupakan jenis gandum utuh? Dan sebagai gandum utuh, ketan hitam memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Dalam 100gr bubur ketan hitam misalnya, terkandung 3gr serat yang setara dengan 10% kebutuhan serat harian kita. Itu artinya, di waktu-waktu tertentu kita dapat mengkonsumsi ketan hitam sebagai alternatif pengganti buah dan sayur. Kandungan serat inilah yang amat bermanfaat bagi kesehatan organ usus kita. Tak hanya itu, ketan hitam juga dipercaya memiliki efek probiotik bagi tubuh kita. Karena itulah, mereka yang sering mengkonsumsi ketan hitam, umumnya jarang mengalami masalah sembelit atau sulit buang air besar (BAB).

2. Mencegah Anemia

Anemia atau kurang darah, umumnya akan menyebabkan seseorang mengalami pusing hingga terlihat pucat. Namun kabar baiknya, kamu bisa mencegah hal ini dengan rutin mengkonsumsi ketan hitam. Yap, ketan hitam mengandung zat besi yang diperlukan tubuh untuk membentuk sel darah merah. 100gr ketan hitam, bahkan setara dengan 4% kebutuhan zat besi harian kita.

3. Mencegah Berbagai Penyakit Kronis

Kandungan antosianin yang ada didalam ketan hitam dipercaya amat bermanfaat untuk mengurangi kadar LDL atau kolesterol jahat didalam tubuh kita. Itu artinya, rajin mengkonsumsi ketan hitam secara tidak langsung akan turut menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Tak hanya itu, antosianin juga memiliki sifat antikanker.

4. Detoksifikasi Alami Bagi Tubuh

Kandungan fitonutrien yang ada didalam ketan hitam dapat membantu tubuh melakukan detoksifikasi alami. Yakni mengeluarkan racun yang mengendap didalam tubuh kita (yang biasanya bersumber dari radikal bebas).

5. Memperkuat Sistem Imun

Tingginya kandungan vitamin E yang terdapat pada ketan hitam dapat membantu tubuh memperkuat sistem imun. Tak hanya itu, vitamin E juga dipercaya mampu menangkal radikal bebas serta melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

6. Cocok untuk menu diet

Buat kamu yang masih bergumul untuk menurunkan berat badan. Cobalah untuk mengkonsumsi ketan hitam sebagai alternatif pengganti sarapan di pagi hari. Kandungan serat yang cukup tinggi didalam ketan hitam, secara tidak langsung akan memberikan efek kenyang yang jauh lebih lama dari pada nasi. Hal ini akan membantumu mengurangi porsi makan, hingga jam ngemil di siang dan malam hari.

7. Menyehatkan Kulit

Selain kaya serat, ketan hitam juga kaya akan antioksidan. Antioksidan inilah berperan menjaga kesehatan sel dan jaringan kulit.

Nah, itulah 7 manfaat ketan hitam yang jarang kita ketahui.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer