Inilah, 6 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Kandungan dan Tumbuh Kembang Janin

Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

Bicara soal pisang, hampir setiap kita rasanya pernah mengkonsumsi buah segar yang satu ini. Selain rasanya yang manis, pisang juga dikenal sebagai “menu diet” yang cukup mengenyangkan. Hal ini karena kandungan serat-nya yang cukup tinggi. Namun tahukah kamu, kalau pisang juga memiliki beragam manfaat untuk kandungan dan tumbuh kembang janin?

Yap, ada beragam nutrisi penting yang bisa didapatkan ibu hamil saat mengkonsumi buah tropis yang satu ini. Seperti kandungan serat, karbohidrat, mineral, berbagai vitamin esensial seperti vitamin C & vitamin B kompleks, hingga asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi tubuh seperti omega-3 dan omega-6. Maka tak heran, jika buah yang satu ini kerap didaulat sebagai salah satu makanan bergizi yang baik untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil.

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Kandungan dan Tumbuh Kembang Janin

Manfaat Pisang untuk Kandungan

Selain vitamin pre-natal, ibu hamil biasanya akan dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai makanan bergizi seperti buah dan sayur. Hal ini karena buah dan sayur telah sejak lama dikenal sebagai sumber vitamin. Tak terkecuali dengan pisang. Ada beragam manfaat yang bisa didapatkan ibu hamil dengan mengkonsumsi buah yang satu ini.

Berikut, 6 manfaat pisang untuk kesehatan kandungan dan tumbuh kembang janin.

1. Meringankan morning sickness

Morning sickness merupakan kondisi umum yang sering terjadi diawal kehamilan, Umumnya terjadi di minggu ke 6 – 12 usia kehamilan. Yakni trimester awal kehamilan. Hal ini sering ditandai dengan gejala mual dan muntah, yang membuat ibu hamil malas untuk makan. Dan sesuai namanya, morning sickness umumnya terjadi dipagi hari.

Nah, dengan mengkonsumsi pisang. Ibu hamil bisa sedikit mengurangi keluhan ini. Hal ini karena adanya kandungan vitamin B6 didalam pisang yang mampu meringankan gejala mual dan muntah. Kandungan serat didalam pisang juga diyakini mampu memberikan rasa kenyang sekalipun nafsu makan sedang berkurang.

2. Meringankan keluhan kram kaki

Selain morning sickness, keluhan lain yang sering dirasakan oleh ibu hamil adalah kondisi kram kaki. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan hormon di masa kehamilan. Yang berimbas pada penumpukan cairan tubuh. Dan lagi-lagi, hal inipun lumrah terjadi dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

Seperti halnya morning sickness, keluhan ini bisa sedikt diatasi dengan rutin mengkonsumsi pisang. Kandungan kalium yang ada didalam buah pisang dipercaya mampu menjaga keseimbangan elektrolit tubuh serta menjaga kesehatan otot dan saraf.

3. Mencegah Sembelit

Sembelit menjadi masalah lain yang kerap dikeluhkan oleh ibu hamil. Hal ini terjadi karena melambatnya proses pencernaan didalam tubuh. Yang lagi-lagi disebabkan oleh perubahan hormon dimasa kehamilan. Untuk mencegah hal ini, ibu hamil dianjurkan untuk terus mengkonsumsi makanan berserat seperti halnya pisang.

4. Mengurangi Risiko Cacat Lahir pada Bayi (Lahir Prematur)

Cacat lahir pada bayi, umumnya terjadi karena sang ibu kekurangan folat saat mengandung. Padahal, janin yang berada didalam kandungan amat membutuhkan vitamin B kompleks yang satu ini, sebagai salah satu nutrisi penting yang mampu menunjang tumbuh kembangnya.

Maka salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko cacat lahir atau prematur pada bayi adalah dengan terus memenuhi kebutuhan folat dimasa awal kehamilan Salah satunya dengan rutin mengkonsumsi pisang.

5. Mendukung Perkembangan Otak & Saraf Bayi

Kandungan vitamin B6 yang ada didalam buah pisang, diyakini amat bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak serta saraf bayi. Terutama jika dikonsumsi ditrimester awal kehamilan.

6. Mendukung Perkembangan Tulang Bayi

Tak hanya tinggi serat, pisang juga kaya akan kandungan kalsium. Yakni mineral yang dibutuhkan tubuh untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi. Pada ibu hamil, kalsium amat diperlukan ~ baik oleh ibu hamil maupun janin yang ada didalam kandungannya. Kalsium bermanfaat untuk mendukung perkembangan tulang bayi sejak masih berada didalam kandungan. Dan lagi-lagi kebutuhan akan kalsium dapat dengan mudah terpenuhi dengan rutin mengkonsumsi pisang.

Nah, itulah 6 manfaat buah pisang untuk kesehatan kandungan dan tumbuh kembang janin. Setidaknya, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi 1 hingga 2 buah pisang setiap harinya. Kamu bisa mengolahnya menjadi jus maupun salad. Namun, bagi kamu yang telah sejak lama mengidap diabetes gestasional, kamu dianjurkan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi buah pisang. Hal ini karena kadar gulanya yang juga cukup tinggi. Dan bagi kamu yang alergi pisang, ada baiknya untuk terlebih dahulu mengkonsultasikan hal ini kepada dokter kandungan.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer