Inilah, 4 Karakter atau Tipe Kepribadian Manusia yang Perlu Untuk Kamu Ketahui

4 Karakter atau Tipe Kepribadian Manusia

Melankolis merupakan satu dari empat karakter kepribadian manusia. Hal ini mengacu pada “The four temperament theory” yang dicetuskan oleh Hippocrates pada tahun 460 – 370 SM. Yakni Koleris, Sanguinis, Plegmatis & Melankolis. Sekalipun begitu, setiap kita amat sangat mungkin memiliki perpaduan dari beberapa karakter sekaligus. Seorang Sanguin yang selalu riang dan suka berpesta misalnya, bisa jadi juga memiliki kepribadian plegmatis yang cinta damai dan enggan terlibat dalam sebuah konflik.

4 Tipe Kepribadian Manusia

Karena itulah, sekalipun ada beberapa sifat yang biasanya melekat pada masing-masing karakter tersebut. Para ahli psikologi dan kejiwaan setuju, bahwa sifat atau karakter tersebut masih amat mungkin untuk diubah. Itulah mengapa, penting bagi kita untuk mengenali keempat tipe kepribadian tersebut. Agar setiap kita dapat mengoptimalkan perubahan diri ke arah yang lebih baik. Serta mengenali tipe kepribadian dari lawan bicara kita.

So, buat kamu yang udah nggak sabar untuk mengetahui apa sajakah ciri dari keempat karakter tersebut. Mari terus baca postingan ini sampai habis.

1. Melankolis

Melankolis

Melankolis dikenal memiliki kepribadian yang cenderung sensitif dan suka baperan. Hal ini karena karakter mereka yang terlalu perfeksionis. Saking perfeksionis-nya, mereka yang memiliki tipe kepribadian ini cenderung memikirkan segala macam hal secara berlebihan alias overthinking. Itulah mengapa, ketika ada hal-hal tertentu yang tidak sesuai dengan ekspektasi mereka. Mereka bisa dengan mudah kecewa pada hal-hal tersebut. Hal ini jugalah yang membuat mereka sulit untuk menjalin relasi atau hubungan dengan orang baru.

Sekalipun begitu, para kaum melankolis juga dikenal sebagai orang-orang yang sangat kreatif. Mereka mampu berpikir out of the box, serta memiliki kemampuan analisa yang baik.

2. Plegmatis

Plegmatis

Plegmatis dikenal sebagai tipe kepribadian yang cenderung kalem dan enggan mencari masalah. Mereka lebih suka menjadi penengah dari pada harus terlibat dalam sebuah konflik. Bahkan dalam sebuah konflik yang melibatkan dirinya, para kaum plegmatis lebih suka mengalah untuk menghindari konflik atau perdebatan yang tidak perlu. Mereka lebih suka hidup damai dengan semua orang. Orang-orang plegmatis cenderung lebih menyenangkan dan mudah bergaul.

Sekalipun begitu, para kaum plegmatis seringkali dianggap sebagai orang-orang yang tidak punya pendirian. Bahkan sulit untuk mengambil sebuah keputusan.

3. Koleris

Koleris

Para koleris dikenal memiliki jiwa kepemimpinan yang sangat tinggi. Mereka cukup tegas dalam mengambil keputusan dan tidak mudah menyerah. Mereka bahkan mampu beradaptasi dengan baik pada beragam hal baru. Sangat terorganisir. Dan amat berdedikasi dalam setiap pekerjaan yang mereka lakukan.

Hanya saja, para kaum koleris cenderung terlalu asik dengan pekerjaannya. Hingga kebanyakan mereka, seringkali lupa untuk bersantai atau bersenang-senang. Workaholic, begitu kita menyebutnya.

4. Sanguinis

Sanguinis

Mereka yang berjiwa sanguin cenderung lebih optimis dalam menjalani kehidupannya. Cukup periang dan memiliki kepercayaan diri yang sangat tinggi. Mereka sangat suka tampil di depan umum atau dihadapan orang banyak. Dan amat sangat ekspresif.

Sayangnya, mereka seringkali terlalu “selfish” dan kurang terorganisir.

Nah itulah 4 karakter atau tipe kepribadian manusia yang perlu untuk kamu ketahui. Dengan mengetahui ciri dari masing-masing karakter tersebut, kamu bisa lebih mudah memahami karakter lawan bicaramu. Dan menjadi lebih terbuka atas setiap kritik atau nasehat yang diberikan oleh orang lain.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer