Inilah, 3 Manfaat Kerja Part Time Saat kuliah

Manfaat Kerja Part Time Saat kuliah
Manfaat Kerja Part Time Saat kuliah

Kerja part time seringkali menjadi pilihan favorit para mahasiswa atau mahasiswi untuk mengisi waktu luang mereka. Yap, ketimbang hanya menghabiskan waktu untuk hal-hal yang kurang produktif seperti nongkrong atau hangout bareng. Banyak dari mereka yang jauh lebih senang memanfaatkan waktu luangnya untuk mencari pekerjaan paruh waktu dengan jam kerja yang dirasa masih cukup fleksibel untuk mereka lakoni, seperti menjadi fotografer atau bahkan penulis lepas.

Nah, buat kamu yang tengah berencana untuk mengambil kerja part time di sela-sela kesibukan perkuliahanmu, berikut 3 manfaat kerja part time saat kuliah yang bisa membantumu beradaptasi dengan dunia kerja nanti

1. Lebih mudah me-manage waktu

Kerja Part Time Membuatmu Lebih Mudah Me-manage Waktu

Kalau boleh jujur, justru hal-hal sepele lah yang seringkali menyita waktu berhargamu saat masih kuliah. Bukannya letih karena terlalu banyak tugas kampus yang harus kamu kerjakan. Kamu justru seringkali gagal fokus saat mengikuti jam perkuliahan, karena terlalu asik nge-game hingga kurang tidur misalnya. Jika ini yang seringkali kamu alami, mengambil kerja part time mungkin bisa menjadi solusi cerdas untuk mengurangi kebiasaan burukmu itu. Karena dengan mengambil kerja paruh waktu, kamu bisa mengalihkan waktu luangmu dari yang sebelumnya hanya untuk nge-game misalnya, menjadi waktu-waktu produktif dimana kamu dapat mulai belajar beradaptasi dengan dunia kerja. Selain itu, mengambil kerja part time juga akan membantumu untuk dapat lebih cermat dalam menyusun skala prioritas. Mana hal-hal yang harus didahulukan? mana yang lebih penting? dan mana yang tidak? Karena mau tidak mau, prioritasmu sekarang hanya terbagi untuk dua hal, yakni tugas kampus dan deadline pekerjaan. Dan dalam beberapa tahun kedepan, hal inilah yang akan membentukmu menjadi pribadi yang enggan untuk menunda-nunda pekerjaan.

2. Mengurangi ketergantunganmu kepada orang tua

Kerja Part Time Mengurangi ketergantunganmu kepada orang tua

Jika selama ini kamu masih sering merongrong kedua orangtuamu untuk membelikanmu ini dan itu. Diusiamu yang sudah cukup dewasa ini, alangkah jauh lebih bijak jika kamu mulai memikirkan cara untuk membahagiakan mereka lewat apa yang bisa kamu berikan ketimbang menuntut lebih banyak hal dari mereka. Yap, karena selain harus menanggung biaya kuliahmu, bisa jadi mereka juga harus menanggung biaya sekolah adik-adikmu, biaya makan sehari-hari, listrik, internet dan banyak hal lain yang mungkin tak kamu sadari. Mengetahui fakta tersebut, tidakkah kamu ingin sedikit saja meringankan beban mereka, dengan tidak lagi menuntut ini dan itu? Jika jawabanmu adalah ya, kamu bisa mulai mencari kerja part time untuk memenuhi kebutuhanmu sendiri. Yap, sekalipun belum dapat memberikan mereka ini dan itu dari hasil kerjamu, minimal kamu sudah bisa memenuhi berbagai kebutuhan sekundermu sendiri, dan tak lagi merongrong mereka untuk memberikanmu tambahan uang jajan baik untuk jalan-jalan, nonton, atau sekedar membeli pulsa atau kuota.

3. Melatihmu untuk lebih bijak mempergunakan uang

Kerja Part Time Membuatmu lebih bijak mempergunakan uang

Tak hanya melatihmu untuk lebih bijak dalam mengatur waktu dan menyusun skala prioritas, kerja part time juga akan melatihmu untuk lebih bijak dalam mempergunakan uang yang kamu miliki. Yap, karena akhirnya kamu menyadari bahwa untuk mendapatkan uang tersebut, ada usaha yang harus kamu lakukan, ada waktu yang harus kamu habiskan dan ada ego pribadi yang harus kamu kesampingkan. Sehingga ketika hendak mempergunakannya pun, kamu akan mempertimbangkannya berulang kali, sebelum benar-benar memutuskan akan mempergunakannya untuk apa? Mengapa demikian? karena dititik ini, kamupun akhirnya menyadari bahwa mencari dan mendapatkan uang bukanlah sebuah hal yang mudah. Itulah yang dikemudian hari akan membantumu untuk menghargai hasil jerih payahmu sendiri, dengan mempergunakannya secara cermat.

Nah, itulah 3 manfaat kerja part time saat kuliah yang diharapkan bisa membantumu beradaptasi dengan dunia kerja ketika lulus nanti.

Advertisement

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.