Inilah, 3 Jenis Penyakit yang Berhubungan dengan Pencernaan

Gangguan Pencernaan

Sistem pencernaan adalah salah satu sistem yang sangat penting dalam  tubuh manusia. Apabila terjadi masalah pada salah satu alat pencernaan, maka proses pencernaan juga akan terganggu. Masalah pencernaan akan sangat mengganggu tidak hanya pada orang dewasa, melainkan juga pada anak-anak. Masalah pencernaan akan mempengaruhi penyerapan nutrisi pada makanan yang masuk kedalam tubuh anak. Sebagai orang tua, sudah seharusnya kita memastikan usus dan pencernaan anak sehat sehingga anak bisa mendapatkan asupan nutrisi yang baik. Beberapa masalah pencernaan yang biasa terjadi pada anak maupun orang dewasa, antara lain adalah:

1. Diare

Diare

Diare adalah masalah pencernaan dimana frekuensi buang air besar lebih sering, yaitu lebih dari tiga kali per hari dengan keadaan feses lebih cair. Diare biasa disebabkan karena mengonsumsi makanan yang terkena bakteri atau alergi terhadap makanan tertentu. Selain frekuensi buang air besar lebih sering, biasanya diare juga disertai dengan sakit perut dan muntah. Penyakit diare memang bukan masalah yang serius, tetapi apabila tidak segera diobati, diare bisa mengakibatkan kehilangan berat badan, dehidrasi, bahkan kehilangan nutrisi.

2. Sembelit

Sembelit

Sembelit adalah kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan dalam buang air besar. Sembelit biasa disebut dengan konstipasi. Sembelit disebabkan karena kurang bergerak aktif, kurang minum, kurang makan makanan berserat, stress, dan kebanyakan mengonsumsi susu. Meskipun bukan masalah yang serius, sembelit tentu sangat mengganggu kenyamanan karena perut akan terasa penuh.

3. Ambeien

Ambeien

Ambeien adalah peradangan pada pembuluh darah yang terjadi dilubang anus. Ambeien sering disebut dengan wasir atau dalam istilah medisnya dikenal dengan hemoroid. Penyebab dari ambeien adalah kurang mengonsumsi makanan yang mengandung serat, diare, sembelit yang parah, dan mengejan terlalu keras pada saat buang air besar. Penyakit ambeien biasanya ditandai dengan rasa sakit yang parah dan keluarnya darah ketika buang air besar. Hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit ambeien adalah berolahraga yang cukup, memperbanyak konsumsi air putih, dan makan makanan yang mengandung serat.

Nah, itulah tiga masalah umum yang disebabkan oleh sistem pencernaan yang tidak berjalan dengan normal. Masalah pencernaan tersebut bisa terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak. Untuk itu, kita harus segera mengatasinya karena penyakit tersebut tentu saja akan sangat mengganggu kenyamanan pada saat beraktivitas. Kita bisa mengetahui beberapa jenis obat yang kita butuhkan untuk mengatasi hal ini, melalui apotik online yang bisa dikunjungi pada laman berikut https://www.goapotik.com/.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.