Berikut Tips dan Anjuran Kesehatan dari Kemenkes Kepada Masyarakat yang Terkena Dampak Kabut Asap

 

Tips Kesehatan dari Kemenkes Kepada Masyarakat yang Terkena Dampak Kabut Asap

Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di Kota Dumai, Riau, akibat kebakaran hutan, pada sabtu pukul 07.00 menunjukan angka 408 polutan standar indeks (PSI) atau berada pada garis merah yang artinya, sangat tidak sehat jika “dihirup” secara langsung oleh manusia.

Kabut asap dapat menjadi ancaman yang serius bagi kesehatan, lingkungan, dan kelestarian hayati. Secara umum kabut asap dapat mengganggu kesehatan semua orang, baik yang dalam kondisi sehat maupun sakit. Pada kondisi kesehatan tertentu, orang akan menjadi lebih mudah mengalami gangguan kesehatan akibat kabut asap dibandingkan orang lain, khususnya pada orang-orang dengan gangguan paru dan jantung, lansia, dan anak-anak.

Masalah kesehatan akibat kabut asap, biasanya akan menyerang mereka yang telah berusia lanjut dan anak-anak (juga mereka yang memang memiliki riwayat penyakit kronik) dengan daya tahan tubuh yang cukup rendah. Mereka inilah yang jauh lebih rentan mengalami gangguan kesehatan, karena kemampuan paru dan saluran pernapasan untuk mengatasi infeksi mulai berkurang, sehingga menyebabkan tubuh menjadi lebih mudah terserang infeksi.

Secara umum, hal ini juga dapat menyebabkan berbagai penyakit kronik semakin memburuk. Bahan polutan di asap kebakaran hutan yang jatuh ke permukaan bumi juga amat mungkin dapat menjadi sumber polutan di sarana air bersih dan makanan yang tidak terlindungi. Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dapat menjadi lebih mudah terjadi, utamanya karena ketidak seimbangan daya tahan tubuh (host), pola bakteri/virus, dan lain-lain penyebab penyakit (agent) serta buruknya lingkungan (environment).

Untuk dapat menjadi individu yang selalu sehat meski sering terpapar cukup banyak kabut asap, artikel berikut akan membantu Anda dengan tips dari kemenkes untuk melindungi diri dari risiko gangguan kesehatan akibat kabut asap.

Gangguan Kesehatan Akibat Kabut Asap

Berikut Tipsnya:

Minumlah air putih dengan air alkali terbaik dalam jumlah yang lebih banyak dan lebih sering. Masyarakat juga dihimbau untuk menghindari bahkan mengurangi aktivitas di luar rumah/gedung, terutama bagi mereka yang menderita penyakit jantung dan gangguan pernafasan. Jika terpaksa harus pergi ke luar rumah/gedung, jangan sampai lupa untuk selalu menggunakan masker atau pelindung mulut dan hidung. Pastikan juga untuk memiliki penampungan air minum dengan air alkali terbaik di Indonesia dan memakan makanan yang terlindungi dengan baik dari sumber polutan.

 

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer