Berikut Beragam Jenis Perawatan Luka Kanker di Rumah

Berikut Beragam Jenis Perawatan Luka Kanker di Rumah

Kanker merupakan penyakit mematikan yang dibedakan berdasarkan jenisnya. Siapa pun dapat menderita penyakit yang satu ini tanpa terkecuali. Salah satu jenis penyakit kanker yang cukup umum dan banyak diderita oleh masyarakat di seluruh dunia adalah kanker payudara. Kanker ini dapat menjadi penyakit yang cukup berbahaya apabila tidak ditangani dengan segera. Sehingga akan lebih baik apabila penderitanya segera melakukan operasi sebagai salah satu langkah pengobatan yang dapat ditempuh. Setelah operasi, luka kanker tersebut perlu dirawat dengan tepat agar jangan sampai menimbulkan infeksi. Adapun luka kanker payudara sendiri dapat berbeda-beda tergantung dari stadium kanker, warna, dan juga ukuran dari luka tersebut. Oleh karena itulah ketika merawat luka bekas operasi kanker di rumah diperlukan teknik yang tepat.

Perawatan Luka Pasca Operasi Kanker

Perawatan Luka Pasca Operasi Kanker

Misalnya saja, untuk luka basah. Jika tidak ditangani dengan tepat, luka basah yang dialami oleh penderita kanker payudara dapat menjadi tempat berkumpulnya kuman yang sudah barang tentu akan berbahaya karena dapat mengganggu proses penyembuhan. Oleh karena itulah, ketika melakukan perawatan luka basah tersebut ada beberapa teknik yang perlu dilakukan untuk dapat menghindari terjadinya infeksi pada luka. Adapun beberapa teknik tersebut antara lain adalah:

1. Teknik swabbing

Teknik pertama yang perlu diketahui untuk perawatan luka kanker payudara adalah teknik swabbing. Teknik ini merupakan cara yang dapat digunakan untuk mengobati jenis luka kanker yang sifatnya adalah luka kering. Cara melakukan teknik swabbing pun terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu menekan serta menggosokkan cairan tertentu pada daerah sekitar luka kanker. Anda bisa menyiapkan cairan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Adapun  cairan yang akan digunakan untuk merawat luka kanker payudara adalah NaCl 0.9 persen atau air steril. Selain itu, siapkan juga kain kassa bersih yang akan digunakan untuk menggosokkan dan menekan luka secara perlahan dengan cairan NaCl yang telah disiapkan tadi.

2. Teknik irigasi

Teknik selanjutnya yang perlu diketahui untuk melakukan perawatan pada luka kanker payudara adalah teknik irigasi. Teknik ini sendiri dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan pada bagian payudara, khususnya pada bagian luka pasca operasi. Cairan yang harus di semprotkan pun bukanlah cairan sembarangan. Sama halnya dengan teknik sebelumnya, Anda pun perlu menyiapkan cairan NaCI 0.9 persen atau air steril untuk melakukan teknik irigasi ini. Jika cairan NaCl telah tersedia, Anda bisa menyemprotkannya ke bagian payudara. Teknik irigasi sendiri umumnya dilakukan untuk merawat jenis luka basah yang lebih rentan berdarah.

3. Menggunakan antibiotik

Teknik terakhir yang perlu Anda ketahui untuk melakukan perawatan pada luka kanker adalah dengan menggunakan antibiotik yang tepat. Dimana fungsi dari antibiotik untuk perawatan luka kanker itu sendiri adalah untuk membantu membersihkan, menghilangkan dan juga mengurangi bakteri. Dimana bakteri itulah yang menjadi biang keladi utama penyebab bau tidak sedap yang dapat keluar dari luka di bagian payudara. Sehingga dengan menggunakan antibiotik yang tepat, hal itu diharapkan akan cukup efektif untuk menekan dan menghilangkan bau tidak sedap yang bisa keluar dari luka payudara yang dialami karena kanker.

Nah, itulah 3 teknik perawatan luka kanker payudara yang dapat Anda lakukan dirumah. Pastikan juga untuk selalu merawatnya dengan tepat, agar tidak terjadi luka baru disekitar luka lama yang belum sembuh. Dengan menggunakan beberapa teknik di atas, luka kanker diharapkan dapat segera sembuh dengan sempurna dan tidak menimbulkan masalah infeksi atau timbulnya luka baru. Namun karena teknik ini tergolong cukup riskan untuk dilakukan oleh orang awam, maka biasanya perawatan luka kanker akan dibebankan pada tenaga medis profesional. Adapun bagi Anda yang ingin mendapatkan perawatan luka kanker di rumah, Anda bisa dengan mudah menggunakan aplikasi Aido yang menawarkan layanan wound care termasuk untuk luka kanker. Dengan menggunakan layanan aido Anda akan mendapatkan perawat profesional yang memang telah memiliki kemampuan dan pengalaman yang cukup untuk memberikan perawatan luka kanker yang Anda butuhkan di rumah.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer