Berikut, 8 Manfaat Peuyeum atau Tape Singkong Bagi Kesehatan!

 

Manfaat Tape Singkong

Hampir setiap kita pernah mengkonsumsi tape singkong. Baik secara langsung maupun dalam bentuk olahan. Rasanya yang manis membuat makanan ini cukup digemari oleh banyak orang. Panganan yang berasal dari fermentasi singkong ini pun memiliki beragam julukan yang berbeda di setiap daerah. Di Jawa Barat misalnya, tape singkong lebih dikenal dengan sebutan “peuyeum”. Peuyeum atau tapai singkong, umumnya lebih sering diolah menjadi panganan lain. Misalnya sebagai bahan dasar pembuatan donat atau es doger.

8 Manfaat Tape Singkong

Manfaat Peuyeum atau Tape Singkong

Nah, dibalik kelezatannya. Tape singkong ternyata punya segudang manfaat tersembunyi yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Ingin tahu apa saja manfaatnya? mari kita bahas satu-persatu.

1. Baik bagi pencernaan

Sebagai panganan hasil fermentasi, tape singkong mengandung probiotik yang cukup tinggi. Dimana probiotik atau bakteri baik ini berasal dari ragi yang digunakan dalam proses fermentasi. Bakteri baik inilah yang nantinya akan berperan untuk melancarkan pencernaan, mengatasi sembelit dan menjaga fungsi usus.

2. Menutrisi tulang dan sendi

Kandungan kalsium dan fosfor yang terdapat pada tape singkong dipercaya dapat menutrisi tulang dan sendi serta menghindarkan kita dari resiko osteoporosis dan osteoarthritis.

3. Membantu proses detoksifikasi alami didalam tubuh

Tahukah kamu, kalau tape singkong pun ternyata bermanfaat untuk mengeluarkan racun atau toksin yang ada didalam tubuh kita? Yap, salah satunya dengan mengikat atau menetralisir racun yang seringkali menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat. Maka buat kamu yang sedang jerawatan, cobalah untuk mengkonsumsi beberapa potong tape singkong. Siapa tahu, jerawat yang membandel dapat lebih mudah teratasi dengan cara yang lebih alami.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Salah satu alasan mengapa peuyeum atau tape singkong cukup terkenal di daerah Jawa Barat. Adalah karena dalam cuaca dingin, panganan yang satu ini dapat menstimulasi tubuh untuk merasa sedikit lebih hangat. Hal ini karena kandungan Vitamin B1 yang ada didalam peuyeum atau tape singkong. Vitamin B1 ini pulalah yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menutrisi otak, mencegah stres serta menjaga kesehatan otot dan saraf.

5. Mencegah anemia

Selain kaya akan kandungan Vitamin B1, tape singkong juga dipercaya kaya akan kandungan Vitamin B12. Kandungan inilah yang berfungsi untuk membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah dan menghindarkan kita dari anemia.

6. Mengontrol tekanan darah

Kandungan kalsium yang terdapat pada tape singkong tak hanya berfungsi untuk menutrisi tulang dan sendi saja, melainkan berfungsi juga untuk mengontrol tekanan darah agar tetap stabil. Hal ini karena fungsi lain dari kalsium adalah untuk mencegah penyempitan pembuluh darah.

7. Baik untuk diet

Buat kamu yang tengah menjalani program diet, tape singkong dapat menjadi salah satu menu diet efektif yang bisa kamu pilih. Hal ini karena sebagai sumber karbohidrat, tape singkong memiliki kadar glycemic index yang lebih rendah dari pada nasi. Maka dengan mengkonsumsi tape singkong, kamu akan tetap merasa kenyang. Bahkan sebagai sumber karbohidrat kompleks, tape singkong akan membantumu untuk merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

8. Dipercaya mampu meningkatkan gairah seksual

Sekalipun belum ada penelitian ilmiah terkait hal ini. Di beberapa daerah di Indonesia, tape singkong seringkali digunakan untuk meningkatkan gairah seksual. Bisa jadi hal ini terjadi karena perpaduan kandungan alkohol dan energi yang ada di dalam tape singkong. Namun lagi-lagi, itu masih sebatas asumsi yang belum dapat dikonfirmasikan kebenarannya.

Nah. itulah 8 manfaat tape singkong bagi kesehatan

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer