Berikut, 5 Cara Hidup Sehat yang Dapat Mulai Kamu Lakukan di Era New Normal Ini

5 Cara Hidup Sehat yang Dapat Mulai Kamu Lakukan di Era New Normal Ini

Cara hidup sehat dimulai dari diri sendiri. Ditengah kondisi pandemi seperti saat ini, setiap kita dituntut untuk memiliki standart kebersihan serta kesehatan yang jauh lebih tinggi dari sebelumnya. Ketika keluar rumah misalnya, kita dihimbau untuk tetap mengenakan masker. Dan begitu kembali kerumah, kita juga dituntut untuk terlebih dahulu mencuci tangan sebelum masuk kedalam rumah. Tentu, ini bukan sebuah kebiasaan yang cukup lumrah untuk dilakukan sebelum pandemi ini muncul. Namun, mengingat belum adanya vaksin yang tersedia untuk mengatasi pandemi ini. Maka membiasakan diri dengan berbagai kebiasaan baru tersebut, menjadi pilihan yang paling bijak ~ khususnya untuk saat ini.

Nah, selain dituntut untuk mulai membiasakan diri dengan berbagai protokol kesehatan tersebut. Setiap kita juga dituntut terus menerapkan gaya hidup sehat dalam keseharian kita. Tak hanya bersepeda tentu, karena gaya hidup sehat disini dapat mencakup cukup banyak hal. Apa sajakah itu? Yuk, kita bahas satu-persatu.

Cara Hidup Sehat

1. Menjaga kesehatan mental

Menjaga kesehatan mental

Yap, kesehatan mental menjadi hal terpenting yang harus terus kita jaga. Khususnya ditengah situasi pandemi seperti saat ini. Karena setiap kita dapat dengan mudah merasa cemas dan takut bahkan mengalami berbagai reaksi psikosomatis setelah membaca, mendengar ataupun menonton tayangan berita tertentu. Terutama jika otak kita memprosesnya secara berulang-ulang.

Itulah mengapa, cara termudah untuk mengatasi hal ini adalah dengan mem-filter informasi apa saja yang hendak kita baca, dengar ataupun tonton. Serta mengalihkan pikiran kita ke hal-hal lain yang jauh lebih menyenangkan, seperti halnya menonton film, mendengarkan musik, mengurus tanaman, bermain dengan hewan peliharaan, maupun hal-hal lain yang dapat membangkitkan mood kita.

Mental yang sehat akan membuatmu jauh lebih mudah menerapkan cara hidup sehat.

2. Menjaga pola makan

Menjaga pola makan

Mengkonsumsi buah dan sayur serta berbagai asupan makanan bergizi, dapat membantumu tetap sehat menjalani aktivitas di era new normal seperti saat ini. Namun jangan hanya berhenti sampai disitu. Atur juga jadwal makanmu, dan biasakan untuk selalu makan di jam yang sama setiap harinya. Dan jangan pernah melewatkan sarapan pagimu.

Yap, buat kamu yang masih sering melewatkan waktu sarapanmu ~ cobalah untuk mulai mengubah kebiasaan burukmu itu. Karena sarapan pagi, sebetulnya akan membantu tubuhmu mengontrol kadar gula darah dan lemak didalam tubuh.

3. Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur

Akhir-akhir ini, bersepeda menjadi tren baru dalam berolahraga. Sayangnya, hal ini tidak diimbangi dengan pemahaman yang cukup. Banyak dari mereka yang sebelumnya nyaris tidak pernah berolahraga, namun tiba-tiba memaksakan dirinya untuk ikut bersepeda dalam jarak tempuh yang cukup jauh. Padahal, tubuh mereka belum tentu dapat meng-handle-nya. Maka tak heran kalau kemudian, banyak pesepeda yang meninggal mendadak akibat terlalu lelah berolahraga.

Padahal, berolahraga secara teratur sebetulnya cukup dilakukan selama 2,5 jam setiap minggunya.

Yap, kamu bisa melakukannya selama setengah jam setiap harinya, atau selama kurang lebih 1 jam diakhir pekan. Tak perlu memaksakan dirimu untuk berolahraga selama berjam-jam setiap harinya. Terlebih jika sebelumnya, kamu jarang berolahraga. Karena bukannya sehat, kamu malah dapat membahayakan kesehatan dirimu sendiri.

4. Cukup istirahat

Cukup istirahat

Hal lain yang tak kalah penting adalah beristirahat. Yap, kamu bukan robot yang mampu beraktivitas selama 24 jam dalam sehari. Ada waktu-waktu dimana kamu dituntut untuk tetap beraktivitas demi memenuhi kebutuhan hidupmu, namun ada waktu-waktu dimana kamu juga dituntut untuk beristirahat dan tidur untuk memulihkan kondisi fisikmu.

Maka sebisa mungkin, hindari kebiasaan buruk seperti halnya begadang. Dan tidurlah selama kurang lebih 6 hingga 8 jam setiap malamnya.

5. Jaga Kebersihan

Jaga Kebersihan

Dan terakhir, selalu jaga kebersihan diri dan lingkungan disekitarmu. Selalu cuci tangan dengan menggunakan sabun, baik saat hendak masuk kedalam rumah, sebelum makan, setelah makan, maupun setelah dari kamar mandi. Pel lantai rumah dengan cairan pembersih lantai yang mengandung anti bacterial. Dan kalau memungkinkan, semprotkan sekitar rumah dengan disinfektan minimal seminggu sekali.

Nah, itulah 5 cara hidup sehat yang dapat mulai kamu lakukan di era new normal ini. 

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer