Berikut, 7 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan!

Khasiat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Selama ini, jeruk nipis dikenal sebagai salah satu acidity untuk makanan. Biasanya, jeruk nipis digunakan untuk mem-balance rasa makanan agar tidak terlalu heavy. Para kaum ibu pun sering memanfaatkan jeruk nipis untuk menanak nasi. Tak hanya lebih harum, nasi yang dimasak dengan jeruk nipis biasanya akan terlihat jauh lebih putih. Namun tahukah kamu, kalau selain digunakan sebagai bahan tambahan dalam makanan atau minuman, jeruk nipis pun memiliki beragam manfaat medis bagi tubuh kita?

Manfaat Jeruk Nipis

Sejak zaman dulu, nenek moyang kita memang telah memanfaatkan jeruk nipis untuk mencegah berbagai penyakit kulit seperti kudis atau scabies. Terutama oleh mereka yang sering mengarungi lautan. Namun selain untuk mengatasi masalah kulit, jeruk nipis pun sebetulnya memiliki beragam manfaat lain, seperti:

1. Meng-optimalkan program diet

Yap, kandungan asam sitrat (citric acid) yang ada didalam jeruk nipis sebetulnya cukup bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Asam sitrat sendiri dapat membantu proses pembakaran lemak dan mengubahkan menjadi energi. Itulah mengapa, beberapa orang yang sedang menjalankan program diet umumnya juga akan mengkonsumsi air mineral dengan potongan jeruk nipis. Namun lagi-lagi, karena sifatnya yang memang hanya membantu atau meng-optimalkan. Maka selain mengkonsumsi air jeruk nipis kamu harus tetap melanjutkan pola hidup sehatmu. Kamu bisa mulai mengkonsumsinya dipagi hari. Cukup potong jeruk nipis dan masukkan kedalam segelas air mineral. Persis saat kamu hendak membuat infused water jeruk nipis. Bedanya, kamu tidak perlu mendiamkannya terlebih dahulu.

2. Mengatasi masalah kulit

Diawal tadi, kita sempat membahas manfaat jeruk nipis untuk mencegah kudis atau scabies. Namun sebetulnya, manfaat jeruk nipis bagi kulit tak hanya berhenti sampai disitu. Jeruk nipis juga dipercaya mampu mencegah penuan dini, mengatasi jerawat serta komedo, hingga mengatasi masalah lain seperti peradangan pada kulit. Hal ini karena adanya kandungan vitamin C yang cukup berlimpah didalam jeruk nipis. Vitamin C inilah yang dibutuhkan tubuh untuk mendukung produksi kolagen. Protein penting yang menjadi fondasi utama kulit dan jaringan ikat. Bahkan tulang dan urat. Saat produksi kolagen terpenuhi dengan baik, maka kulit pun akan tetap kencang dan terhindar dari kerutan atau penuan dini.

3. Mengurangi resiko kanker

Jeruk nipis juga dipercaya mampu menghindarkan kita dari ancaman kanker. Hal ini karena adanya kandungan liminoid dan flavonoid yang mampu menangkal radikal bebas serta menghindarkan kita dari resiko penyakit kanker.

4. Mengurangi resiko penyakit jantung

Vitamin C yang ada didalam jeruk nipis tak hanya mampu menjaga kesehatan kulit kita. Namun dapat pula menghindarkan kita dari resiko penyakit jantung. Yap, mengkonsumsi buah dengan kandungan vitamin C yang berlimpah tak hanya mampu menurunkan tekanan darah. Melainkan dapat pula, mencegah penumpukan plak di pembuluh darah. Yang seringkali menjadi biang keladi penyakit jantung.

5. Mencegah batu ginjal

Orang-orang yang rutin mengkonsumsi jeruk nipis memiliki resiko yang jauh lebih rendah untuk terkena batu ginjal. Hal ini karena kandungan asam sitrat (citric acid) yang cukup tinggi dalam jeruk nipis. Asam sitrat inilah yang bertugas mengikat mineral pembentuk kristal yang kerap menumpuk didalam ginjal kita. Serta meningkatkan kadar sitrat dalam tubuh.

6. Meningkatkan penyerapan zat besi

Kurangnya zat besi kerap menjadi biang keladi penyebab anemia. Yang membuat seseorang terlihat pucat dan sering merasa kelelahan. Mereka yang jarang makan daging atau produk hewani lain seperti telur maupun susu. Umumnya lebih beresiko mengalami anemia. Seperti mereka yang tengah menerapkan pola makan vegan atau vegetarian. Namun kabar baiknya, kamu tetap dapat menjalankan pola hidup tersebut dengan rutin mengkonsumsi air jeruk nipis. Mengapa jeruk nipis? Karena jeruk nipis diyakini mampu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh kita hingga 70% lebih banyak dari pada sebelumnya.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Lagi-lagi, kandungan vitamin c yang ada didalam jeruk nipis diyakini mampu menangkal radikal bebas dan menghindarkan kita dari serangan berbagai penyakit. Vitamin c jugalah yang akan membantu tubuh mempercepat proses recovery saat terserang penyakit.

Selain ketujuh manfaat diatas, jeruk nipis juga dipercaya mampu gusi bengkak, menyeimbangkan pH tubuh, mengoptimalkan kinerja otak, hingga menurunkan kadar gula darah.

Namun sebelum mulai mengkonsumsinya, pastikan kamu tidak memiliki riwayat penyakit GERD atau gangguan pencernaan lainnya. Hal ini karena kandungan asamnya yang cukup tinggi.

Advertisement

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.