7 Cara Mudah Meninggikan Badan dengan Memperbaiki Postur Tubuh

7 Cara Mudah Meninggikan Badan dengan Memperbaiki Postur Tubuh

Sebagian dari kita mungkin belum merasa puas dengan tinggi badan yang kita miliki saat ini. Bahkan ada yang mungkin sudah berusaha melakukan ini dan itu namun belum juga membuahkan hasil. Karena faktanya, tinggi badan memang amat dipengaruhi oleh faktor genetika seseorang. Dan bukannya ingin melunturkan semangatmu, namun menurut berbagai jurnal penelitian mayoritas kita memang tidak akan lagi meninggi setelah melewati usia 21 tahun.

Namun alih-alih berusaha meninggikan badan dengan metode yang salah. Sebetulnya, ada hal lain yang masih bisa kamu lakukan diusia dewasa, yakni memperbaiki postur tubuh. Jangan lupa, bahwa postur tubuh juga memegang peranan penting terhadap tinggi badan seseorang. Terlalu sering membungkuk misalnya, akan membuat tulang belakangmu bergeser dan justru membuatmu terlihat lebih pendek dari pada yang seharusnya.

Meninggikan badan dengan memperbaiki postur tubuh

Meninggikan badan dengan memperbaiki postur tubuh

Setidaknya, ada 7 cara mudah memperbaiki postur tubuh untuk memaksimalkan tinggi badan. Berikut penjelasannya.

1. Kurangi penggunaan gadget

Hal ini karena saat bermain gadget kita cenderung akan memilih posisi rebahan ataupun bersandar. Padahal, terlalu sering bersandar justru akan membuat otot-otot tubuh bagian belakang terasa tegang dan nyeri. Dan jika dilakukan secara berulang dalam intensitas yang cukup sering postur tubuhmu bukan tidak mungkin akan turut membungkuk.

2. Tidur dalam posisi terlentang

Tidur dalam posisi terlentang dipermukaan yang rata akan membantumu mengembalikan postur tubuh kesemula. Posisi tidur ini juga akan melemaskan otot-ototmu. Usahakan untuk tidak menggunakan bantal yang terlalu tinggi ataupun rendah. Dan carilah kasur atau matras tidur dengan permukaan yang rata.

3. Kurangi penggunaan sepatu high heels dalam waktu yang lama

Wanita umumnya gemar menggunakan sepatu high heels untuk menunjang penampilan. Sah-sah saja memang, namun sebisa mungkin hindari penggunaan sepatu hak tinggi dalam waktu yg relatif lama. Para ahli kesehatan bahkan menganjurkan untuk tidak menggunakan sepatu high heels setinggi 4cm lebih dari 4 jam/hari. Artinya, semakin tinggi sepatu heels-mu semakin sebentar pula semestinya kamu menggunakannya. Hal ini karena saat menggunakan sepatu high heels, distribusi beban tubuh jadi tidak seimbang.

4. Usahakan untuk tetap tegak baik saat duduk maupun berdiri

Jika belum terbiasa, duduk tegak dalam waktu yang relatif lama akan membuatmu merasa sangat pegal. Meski begitu, kamu harus mulai membiasakannya. Cobalah duduk setegak mungkin dengan kaki menapak atau menyentuh lantai dan dengan posisi bahu yang rileks. Kamu bisa mulai mempraktekkannya ditempat kerja. Khususnya bagi kamu yang lebih sering duduk saat bekerja. Namun sebelum itu, carilah kursi yang juga nyaman dan sesuai.

5. Jangan bertumpu pada satu kaki saat berdiri

Kebanyakan kita akan mencari tembok atau sandaran yang cukup kuat saat harus berdiri dalam waktu yang relatif lama. Misalnya saat ada hajatan dirumah tetangga dan kita dimintai tolong untuk meniadi penerima tamu atau pengangkut piring kotor. Alasannya sederhana, agar kita dapat berdiri dengan hanya bertumpu pada salah satu kaki. Sebab posisi ini memang dirasa jauh lebih nyaman. Namun tahukah kamu,jika kebiasaan ini ternyata dapat mengubah postur tubuhmu. Hal ini karena tubuh hanya akan bertumpu pada salah satu otot panggul saat kamu berdiri dengan hanya bertumpu pada salah satu kaki.

6. Perhatikan cara berjalanmu

Jika tumit terasa sakit saat kamu mesti berjalan cukup jauh, artinya ada yang salah dengan cara berjalanmu. Sebab saat berjalan, beban tubuh semestinya berpusat pada kaki bagian depan dan bukan bagian belakang.

7. Rutin berolahraga

Meski terdengar klise cara ini dirasa paling efektif. Ada berbagai olahraga yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki postur tubuh seperti: berenang, sit-up, plank hingga pilates.

Tak hanya mampu memaksimalkan tinggi badan, memperbaiki postur tubuh juga akan mengurangi risiko terjadinya nyeri punggung, nyeri bahu hingga nyeri leher. Namun jika nyeri tersebut sudah terlanjur dirasakan, kamu amat dianjurkan untuk mulai melakukan fisioterapi. Baik untuk mengurangi rasa nyeri maupun untuk memperbaiki postur tubuhmu. Kuncinya adalah konsistensi. Meski terasa sulit diawal, lama-kelamaan kamu akan mulai terbiasa.

Advertisement

2 comments On 7 Cara Mudah Meninggikan Badan dengan Memperbaiki Postur Tubuh

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer