4 Layanan Pinjaman Online yang Cocok Bagi Mahasiswa

4 Layanan Pinjaman Online yang Cocok Bagi Mahasiswa

Makin tinggi pendidikan, maka makin besar dana yang dibutuhkan. Tidak hanya iuran semester dan buku, tetapi ada juga biaya wisuda, KKN, laboratorium, dan lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, tak jarang pinjaman online menjadi solusi sumber pendanaan.

Layanan pinjaman online yang bisa diambil beragam. Adapun yang tersedia saat ini adalah sebagai berikut beserta syarat umum yang diminta.

Pembiayaan Kuliah Fintech

Pembiayaan Kuliah Fintech

Mahasiswa yang belum bekerja dapat mengandalkan pembiayaan kuliah dari Fintech. Pembiayaan ini berjenis jangka panjang dengan target mahasiswa yang memiliki ekonomi menengah ke bawah.

Beberapa syarat dalam pinjaman online Fintech adalah menggunakan identitas diri atau kartu tanda mahasiswa, kartu keluarga, hingga bukti tagihan dari institusi/perguruan tinggi.

Pengajuan pinjaman dapat dilakukan oleh mahasiswa aktif berbagai jenjang pendidikan, mulai dari D3 hingga S3 dengan tenor pinjaman mulai 2-36 bulan. Selain itu, harus ada dokumen pendukung dari penjamin. Dokumen yang dimaksud di sini berupa slip gaji, KTP, KK, dan mutasi rekening pribadi 3 bulan terakhir. Penjaminnya bisa dari orang tua atau wali maupun diri sendiri. Bila sudah bekerja, maka Anda dapat mengajukan penjamin atas diri sendiri.

Pinjaman E-Commerce

Pinjaman E-Commerce

Layanan pinjaman yang disediakan oleh E-commerce makin marak beberapa tahun ini.  Awalnya, pinjaman E-commerce ditujukan untuk para pedagang sebagai pinjaman modal usaha di platform mereka.

Layanan pinjaman ini kemudian diarahkan ke para pembeli yang ingin mendapatkan produk dengan cara kredit. Nah, Anda yang bekerja sebagai seller online atau reseller sambil kuliah dapat memanfaatkan layanan ini.

Hal ini akan lebih muda apabila Anda telah sering melakukan penjualan dalam platform E-commerce tersebut. Umumnya, E-commerce bekerja sama dengan mitra penyedia pinjaman yang bertugas menyeleksi pengajuan.

Tujuan kredit beragam; Anda bisa meminjam uang untuk modal usaha hingga keperluan pribadi. Salah satu syarat pinjaman online di E-commerce biasanya membutuhkan akun di platform tersebut. Jadi, pastikan Anda sudah membuat akun terlebih dahulu. Syarat pembuatan akun biasanya dapat menggunakan alamat email atau nomor ponsel. Ketentuan lainnya adalah memiliki usia di atas 18 tahun, menyediakan e-KTP, dan memiliki buku tabungan atas nama pribadi.

Pada platform E-commerce, tersedia simulasi perhitungan pinjaman dan bunga. Dari sini, debitur dapat memperhitungkan besaran iuran dan tenornya yang bisa disesuaikan sesuai dengan kemampuannya.

Gadai Online

Gadai Online

Pinjaman dana pendidikan juga dapat diperoleh dengan cara gadai. Untuk cara ini, tentunya ada barang berharga yang bisa dijaminkan. Keunggulan dari gadai online sendiri adalah dana cepat cair dan barang jaminan bisa diperoleh kembali bila pinjaman telah lunas.

Barang yang digadaikan bisa berupa alat elektronik, kendaraan, perhiasan, dan lainnya. Kepemilikan barang juga tidak akan langsung berpindah tangan. Ditambah lagi, pengajuan gadai dapat dilakukan secara online melalui aplikasi atau situs gadai.

Ambil foto barang yang akan digadaikan, lalu Anda hanya perlu mengisi detail informasi agunan. Misalnya saja, merek, tipe barang, hingga tahun pembelian agunan tersebut. Jika pengajuan sudah disetujui, barulah Anda bisa menyerahkan barang tersebut ke pihak pegadaian dan mendapatkan dana.

Kredit Tanpa Agunan Bank

Kredit Tanpa Agunan Bank

Tak ingin ketinggalan, kini pihak bank juga mulai menerbitkan kredit tanpa agunan online. Pinjaman ini dapat mencapai puluhan juta per orang tanpa membutuhkan jaminan.

Untuk mengajukan kredit tanpa agunan dari bank, Anda perlu memiliki rekening di bank yang memberikan pinjaman. Umumnya, pembayaran iuran langsung terpotong otomatis dari rekening bank tersebut.

Suku bunga pinjaman jenis ini flat dan pengajuan dapat dilakukan secara online. Proses approval biasanya hanya memakan waktu paling lama 24 jam. Jenis pinjaman ini sangat cocok untuk Anda yang bekerja sambil kuliah.

Umumnya, pinjaman kredit tanpa agunan bank diberikan kepada pekerja yang memiliki penghasilan kotor minimal Rp2.000.000 per bulan. Untuk syarat pengajuannya, Anda cukup menggunakan KTP dan NPWP serta aplikasi bank terkait.

Apa pun jenis layanan pinjaman online yang dipilih, pastikan semuanya legal dan telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Salah satu penyedia pinjaman online legal dan tepercaya adalah Finmas. Di sini Anda bisa mengajukan pinjaman online hingga 5 juta rupiah dengan syarat yang relatif mudah, sehingga sangat cocok untuk para mahasiswa.

Advertisement

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer