Inilah Tipe Mobil Kijang dari Generasi ke Generasi

Kijang Pick-up

Mobil kijang super termasuk salah satu mobil legendaris di Indonesia. Pertama kali, mobil ini muncul pada tahun 1977. Sejak saat itu, berbagai tipe dan generasi Kijang dihadirkan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Berikut ini rangkuman mengenai daftar mobil Kijang yang pernah diproduksi.

Toyota-Kijang-Generasi-Pertama-1977-1980

Generasi Kijang Pertama adalah pick up kijang. Pick up kijang ini memiliki keunikan sebab tutup mesin bisa dibuka sampai ke bagian samping. Karena itu ada juga yang menyebutnya sebagai “Kijang Buaya”. Saat itu, pick up Kijang ini sudah memakai mesin kapasitas 1.200 CC dengan transmisi 4 percepatan.

Kijang-Generasi-Kedua-Kijang-Doyok

Generasi kedua Kijang muncul dari tahun 1981 sampai 1986. Kijang ini juga berbentuk pick up. Dibanding generasi sebelumnya, kijang ini tampil lebih bagus.

Mesin mobil ini juga mengalami peningkatan dengan kapasitas 1.300 CC. Untuk transmisinya masih manual dengan 4 percepatan. Sebagai mobil pick up, jok mobil kijang ini hanya ada di bagian depan. Bagian belakangnya berupa bak terbuka.

Kijang Generasi Ketiga

Genrasi ketiga Kijang lahir pada tahun 1986 sampai 1996. Ada dua tipe yang dilahirkan oleh mobil ini yaitu Kijang Grand Extra dan Super Kijang. Kijang ini sudah merupakan jenis mobil MPV yang ccok untuk keluarga.

Mobil ini bertahan cukup lama. Di mobil ini juga diterapkan transmisi 5 percepatan. Juga dipakai rem cakram pada bagian roda depan.

Mesin baru juga dipakai pada mobil ini dengan kapasitas 1.800 cc. Varian kijang ini pun lebih banyak.

Kijang Generasi Keempat

Generasi keempat Kijang lahir tahun 1997 sampai 2004. Kijang ini sering disebut juga sebagai Kijang Kapsul. Model kijang ini membulat dan Toyota menghadirkan banyak model untuk versi ini. Pada Kijang generasi ini juga ada yang memakai mesin diesel dengan kapasitas 2.400cc.

Kijang Innova

Generasi kelima Kijang mulai muncul tahun 2004 sampai 2015. Tampilannya sudah makin modern. Mesin sudah memakai teknologi VVT-I dan ada juga yang dilengkapi dengan turbo commonrail injection pada tipe diesel. Kijang ini dikenal sebagai Innova. Bentuk mobil besar dengan jok lega menjadi salah satu keunggulan mobil ini.

All New Kijang

Generasi keenam Kijang muncul sejak tahun 2015. Mobil ini diberi nama All New Kijang. Tampilannya sudah makin cantik dan dibekali dengan segudang fitur mumpuni. Tentu soal harganya pun sudah beda jauh dibandingkan dengan generasi pertama dulu. Akan tetapi, hal itu juga sebanding dengan makin nyamannya mobil ini dikendarai.

Yang jelas, Kijang sudah menjadi mobil yang mewarnai sejarah otomotif di Indonesia. Mobil ini menjadi salah satu MPV yang laris di pasaran. Mobil yang mampu mengangkut banyak orang ini banyak dipilih sebagai mobil keluarga maupun mobil operasional kantor.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.