Cara Terbaru Sedekah Jaman Now dengan Berinfaq Online

Cara Terbaru Sedekah Jaman Now dengan Berinfaq Online

Sedekah merupakan perbuatan yang hukumnya sunnah. Salah satu kegiatan bersedekah yaitu berinfaq. Di jaman yang serba digital seperti saat ini semua kegiatan bisa dilakukan melalui online. Termasuk dengan infaq, infaq saat ini lebih digemari jika disalurkan melalui online. Karena memang lebih mudah dan efektif. Tersedianya aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk berinfaq, membuat masyarakat lebih mudah menyalurkannya.

Infaq online, zakat online, sedekah online, dan wakaf online dilakukan dengan beberapa ketentuan jadi tidak dilakukan dengan sembarangan. Salah satunya dalam infaq online harus benar-benar disertai niat dalam menyalurkan infaq kepada yang membutuhkan, supaya nanti infaq Anda bisa diterima sebagai amalan Anda. Selain itu Anda juga harus melaksanakan ijab dan qabul. Untuk ketentuan seperti jumlah dan waktunya, infaq tidak ditentukan seperti itu. Karena infaq berbeda dengan zakat, jika zakat wajib diwaktu tertentu dan dalam jumlah tertentu.

Macam-Macam Infaq

Macam-Macam Infaq

 Ditinjau dari segi hukum, infaq dibagi menjadi beberapa macam. Yaitu terdapat 4 macam infaq sebagai berikut.

1. Infaq yang hukumnya Wajib

Mengeluarkan infaq menjadi suatu kewajiban apabila infaqnya disalurkan kepada sesuatu yang wajib seperti menginfaqkan harta untuk membayar maha, menginfaqkan harta untuk menafkahi istri, dan menginfaqkan harta untuk menafkahi istri yang sudah ditalak dan kondisinya masih iddah.

2. Infaq yang hukumnya Sunnah

Mengeluarkan infaq menjadi hukumnya sunnah, apabila menyalurkan infaq untuk kegiatan jihad dan diberikan kepada orang yang lebih membutuhkan. Untuk menyalurkan infaq yang dianggap sunnah harus disertai niat untuk bersedekah.

3. Infaq yang hukumnya Mubah

Mengeluarkan infaq yang dianggap mubah, apabila menyalurkan infaq untuk pertanian atau bercocok tanam dan berdagang. Jadi jika Anda berinfaq untuk dagangan maka infaq tersebut hukumnya mubah.

4. Infaq yang hukumnya Haram

Mengeluarkan infaq hukumnya haram, apabila menyalurkan infaq untuk tujuan yang diharamkan oleh Allah. Seperti menyalurkan infaq tidak dengan niatan karena Allah dan menyalurkan infaq untuk menghalangi syiar islam.

Hukum Melaksanakan Infaq Online

Dalam melaksanakan infaq secara online memang menimbulkan beberapa pro kontra. Beberapa masyarakat mengkhawatirkan keabsahan dari ijab dan qabulnya. Sebenarnya untuk sahnya infaq itu tergantung dengan niat. Jadi niat berinfaq itu harus dilakukan, karena dengan niat maka infaq Anda akan sah. Untuk ijab dan qabul tidak dilakukan tidak apa-apa menurut ulama. Karena memang yang terpenting dalam melaksanakan infaq yaitu niat.

Cara Melaksanakan Infaq Online

Untuk melaksanakan infaq secara online bisa melalui aplikasi, dompet digital dan situs web. Aplikasi yang digunakan untuk menyalurkan infaq sangat banyak, seperti kitabisa, zakat mobile, paytren, dan masih banyak lagi. Untuk yang melalui dompet digital bisa menyalurkan melalui dana dan gopay. Sedangkan untuk situs web, bisa disalurkan melalui situs web suatu lembaga yang bertanggung jawab dengan infaq Anda.

Dengan kemudahan dalam berinfaq melalui online membuat masyarakat saat ini sudah sering melakukan infaq melaui online. Dengan berinfaq online, kemudahan dalam berinfaq setiap saat dapat dilakukan dengan mudah.

Faktor yang Membuat Infaq Online sangat Digemari

Terdapat beberapa faktor yang membuat infaq melalui online sangat sering dilakukan. Faktor yang mempengaruhi yaitu.

  1. Masyarakat yang ingin melakukan serba cepat. Pada jaman serba modern membuat masyarakat juga merasakan dampaknya, salah satunya yaitu semua harus serba cepat. Oleh karena itu, dengan hanya menggunakan aplikasi masyarakat sudah bisa berinfaq dengan cepat.
  2. Masyarakat yang mandiri. Saat ini masyarakat modern lebih suka mengerjakan sesuatu dengan sendiri tanpa minta bantuan orang lain. Karena itu lebih cepat dan efektif menurut mereka.
  3. Masyarakat yang suka dengan karakter visual. Dengan melakukan infaq melalui aplikasi, membuat masyarakat menyukai tampilan yang berbeda dengan melakukan infaq melalui online.

Berinfaq bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Dengan kemudahan tersebut membuat masyarakat lebih senang jika menyalurkan infaq melalui online. Tata cara dalam melakukan infaq online juga harus diperhatikan supaya nanti Anda tidak akan salah dalam menyalurkan infaq. Caranya juga cukup mudah, jadi Anda tidak akan merasa ribet. Ayo segera gabung dalam melakukan infaq online.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer