8 Manfaat Yoga Bagi Kesehatan

8 Manfaat Yoga Bagi Kesehatan

Ada beragam manfaat yoga bagi kesehatan. Salah satunya adalah untuk meningkatan kesehatan mental alias pikiran. Yap, dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini, yoga menjadi olahraga yang kian digemari oleh banyak orang. Hal ini karena selain mampu membakar kalori, yoga pun diyakini mampu mengurangi tingkat depresi serta kecemasan seseorang. Bahkan menariknya lagi, olahraga yang satu ini dapat kita lakukan dimana saja ~ termasuk didalam rumah kita sendiri.

Yoga sendiri, awalnya dikenal sebagai bentuk olahraga meditasi. Karena menurut sejarahnya, pada zaman dulu praktik yoga memang identik dengan tradisi atau ritual meditasi kaum hindu-budha. Namun lambat laun, olahraga ini kian berkembang di dunia barat, hingga mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1990-an. Dimana saat ini, setiap orang bisa melakukannya sebagai bentuk latihan fisik atau kebugaran semata.

Nah, buat kamu yang mungkin tertarik untuk mempelajarinya. Kamu bisa mulai mempraktekkan beberapa gerakan sederhana yang ada didalam Hatha Yoga. Dimana pada tingkatan ini, kamu bisa mempelajari berbagai postur dasar yoga serta teknik pernapasan yang benar. Supaya pada akhirnya, ada beragam manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari olahraga yang satu ini.

Manfaat yoga bagi kesehatan

Bicara soal manfaat, setidaknya ada 8 manfaat yoga bagi kesehatan, yaitu:

1. Mengurangi resiko penuaan dini

Ada satu asana atau gerakan didalam olahraga ini yang bisa bikin kamu “awet muda”. Nama gerakannya ialah sirsasana. Didalam sirsasana, tubuh harus bertumpu secara terbalik dengan kedua tangan dan kepala selama kurang lebih 5 hingga 10 menit. Nah, dalam posisi ini suplai oksigen yang masuk kedalam otak (melalui aliran darah) akan menjadi semakin lebih banyak. Sehingga fungsi berbagai organ tubuh seperti jantung dan paru-paru akan mulai bekerja dengan lebih maksimal. Begitupula dengan otot wajah yang akan turut mengencang karena sensasi gravitasi yang dialami tubuh saat kita melakukan gerakan yang satu ini. Sekalipun begitu, kamu tidak dianjurkan untuk langsung mempraktekkan asana ini disesi pertama latihan. Mulailah dari asana dasar, hingga tubuh betul-betul sudah terbiasa dan mampu melakukan asana lain yang jauh lebih sulit seperti sirsasana.

2. Memperbaiki postur tubuh

Umumnya, mereka yang rutin melakukan latihan yoga akan memiliki postur tubuh yang cukup ideal. Hal ini karena setiap kali tubuh mulai duduk dalam posisi sedikit membungkuk, secara reflek kita akan langsung mengembalikannya ke posisi yang benar.

3. Mengatasi sakit punggung

Selain mampu memperbaiki postur tubuh, ada beberapa gerakan yoga yang dapat membantumu mengatasi masalah punggung sekaligus mengurangi rasa nyeri yang sering kamu rasakan. Beberapa gerakan tersebut antara lain adalah Tadasana, Vrikshasana hingga Bujanghasana. Berbagai olah postur tersebut dapat membantumu melakukan peregangan tubuh, terutama yang berkaitan dengan bagian punggung.

4. Meringankan gejala asma

Dalam latihan yoga, kita tidak hanya mempelajari olah postur melainkan juga teknik perpapasan. Dimana sejatinya, ada beberapa gerakan yoga yang memang cukup berpusat pada teknik pernapasan. Salah satunya adalah asana Pranayama. Banyak penderita asma yang mulai menunjukkan tanda-tanda perbaikan setelah rutin melakukan gerakan ini. Hal ini karena didalam Pranayama kamu akan mulai belajar untuk mengontrol waktu, durasi hingga frekuensi dari setiap tarikan dan hembusan nafas yang kamu lakukan.

5. Memperbaiki kualitas tidur

Seperti halnya olahraga lain, setelah melakukan latihan yoga, otot-otot tubuh yang awalnya kaku, akan mulai meregang secara perlahan. Efek relaksasi yang kamu rasakan juga akan membantu tubuh lebih rileks dan siap untuk mulai tidur dan beristirahat. Hal inilah yang kemudian dapat membantu tubuh memperbaiki kualitas tidur dan terhindari dari insomnia.

6. Memperbaiki suasana hati

Ada beragam studi yang menunjukkan hasil positif dari latihan yoga. Salah satunya terkait mood atau suasana hati seseorang setelah melakukan olahraga ini. Yap, latihan yoga dapat membantumu memperbaiki mood atau suasana hati, mengurangi stres berlebih, rasa cemas, hingga panik yang tidak beralasan.

7. Meningkatkan gairah seksual

Faktanya, yoga juga bermanfaat untuk meningkatkan gairah seksual bagi para suami istri. Hal ini karena saat melakukan latihan yoga ada peningkatan peredaran darah keseluruh tubuh, termasuk daerah sekitar pinggang kebawah.

8. Menurunkan berat badan

Tahukah kamu kalau latihan yoga tak hanya mampu membakar kalori, melainkan juga mampu membakar lemak? Yap, ada beberapa asana atau gerakan dalam olahraga yoga dapat membantumu membakar timbunan lemak didalam tubuh. Terutama gerakan-gerakan yang ada didalam Ashtanga dan Power Yoga. Namun lagi-lagi, kamu dianjurkan untuk tidak langsung loncat ke Ashtanga dan Power Yoga sebelum cukup terbiasa dengan postur dasar yang ada dalam Hatha Yoga.

Nah, itulah 8 manfaat yoga bagi kesehatan. Dengan terus melakukannya secara rutin, kamu tidak hanya akan merasakan efek relaksasi yang bermuara pada ketenangan pikiran. Namun juga rasa lebih bugar, baik secara jasmani maupun emosional.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.