5 Makanan yang Baik Untuk Mencegah Tulang Keropos

5 Makanan yang Baik Untuk Mencegah Tulang Keropos

Makanan yang baik untuk mencegah tulang keropos ialah makanan yang kaya akan vitamin D dan kalsium. 2 nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh agar terhindar dari osteoporosis. Vitamin D sendiri sebetulnya bisa didapatkan tubuh dari paparan langsung sinar matahari. Karena saat berjemur, tubuh mampu memproduksi vitamin D dalam jumlah yang cukup. Sayangnya, kalsium hanya bisa didapat dari suplemen atau makanan yang kita konsumsi. Karena tubuh tidak memiliki kemampuan untuk memproduksi mineral yang satu ini.

Itulah mengapa, salah satu cara terbaik untuk mencegah osteoporosis adalah dengan mulai mengubah gaya hidup, termasuk pola makan kita. Jika selama ini, kita masih gemar mengkonsumsi makanan kaleng atau olahan. Maka mulailah untuk menguranginya sedikit demi sedikit. Hal ini karena makanan kaleng atau olahan umumnya memiliki kandungan natrium atau sodium yang cukup tinggi. Supaya awet untuk disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Padahal mengkonsumsi makanan dengan kadar garam yang cukup tinggi, akan membuat tubuh kehilangan banyak kalsium.

Makanan yang Baik Untuk Mencegah Tulang Keropos

Maka sebelum terlambat, mulailah untuk mengkonsumsi berbagai makanan yang baik untuk mencegah tulang keropos berikut ini:

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kangkung, sawi hijau, hingga lobak dan kubis mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Termasuk Vitamin D dan Kalsium. Itu artinya, mengkonsumsi sayuran hijau akan membantumu terhindar dari resiko osteoporosis atau pengeroposan tulang.

2. Buah-buahan

Tahukah kamu kalau vitamin C amat berperan untuk memaksimalkan penyerapan kalsium didalam tubuh kita? Yap, selain Vitamin D dan Kalsium, tubuh juga membutuhkan vitamin dan mineral lain untuk memaksimalkan kekuatan tulang. Seperti Vitamin A, C, K, Magnesium hingga Potasium. Beragam nutrisi inilah yang akan membantu tubuh menjaga kepadatan tulang serta kesehatan sistem gerak. Dan kabar baiknya, semua nutrisi tersebut bisa kita penuhi dengan rajin mengkonsumsi buah-buahan. Seperti: pisang, jeruk, mangga, pepaya hingga stroberi.

3. Telur, Ikan dan Daging

Selain vitamin dan mineral, tubuh juga membutuhkan nutrisi lain seperti halnya protein. Karena sekalipun tidak secara langsung membantu penyerapan kalsium. Protein memegang peranan yang sangat penting untuk menyangga tulang. Itulah mengapa, penting bagi kita untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan protein, dengan rutin mengkonsumsi telur, ikan hingga daging tanpa lemak. Tak hanya kaya akan protein, jenis ikan tertentu seperti salmon dan tuna juga dikenal kaya akan kandungan vitamin D.

4. Cokelat dan Kacang-kacangan

Ada kabar baik bagi kamu yang gemar mengkonsumsi cokelat dan kacang-kacangan. Karena kedua makanan ini merupakan sumber magnesium yang cukup tinggi. Yap.. selain kalsium, tubuh membutuhkan mineral lain seperti magnesium untuk menjaga kepadatan tulang. Dan itu bisa kamu dapati dalam cokelat dan kacang-kacangan.

5. Susu Rendah Lemak

Umumnya, mereka yang menderita osteoporosis akan disarankan untuk rutin mengkonsumsi susu serta berbagai produk olahannya. Seperti, keju ataupun yoghurt. Hal ini karena susu tak hanya dapat membantu mencegah osteoporosis. Namun dapat pula mengobatinya. Yap, kandungan Vitamin D dan Kalsium yang berlimpah didalam susu tak hanya mampu menguatkan tulang, namun dapat pula mengobati tulang keropos. Kamu bisa mulai mengkonsumsi susu rendah lemak seperti halnya: Anlene Gold 5X maupun Anlene Actifit 3X. Beragam kandungan nutrisi lengkap yang ada didalam susu Anlene akan membantumu menjaga kesehatan tulang.

Namun yang perlu diingat, mengkonsumsi makanan yang baik untuk mencegah tulang keropos saja tidaklah cukup. Selain mengkonsumsi makanan bergizi, kamu perlu mengimbanginya dengan berbagai latihan fisik dan olahraga. Seperti jogging atau bersepeda.

Advertisement

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.